Kompas TV nasional peristiwa

BMKG Prakirakan Hujan Sangat Lebat hingga Ekstrem Berpotensi Terjadi di Wilayah-Wilayah Ini Besok

Kompas.tv - 29 Desember 2022, 15:40 WIB
bmkg-prakirakan-hujan-sangat-lebat-hingga-ekstrem-berpotensi-terjadi-di-wilayah-wilayah-ini-besok
Ilustrasi. BMKG memprakirakan hujan lebat hingga ekstrem berpotensi terjadi di beberapa wilayah di Indonesia pada Jumat (30/12/2022) besok. (Sumber: scroll.in)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan lebat hingga ekstrem berpotensi terjadi di beberapa wilayah di Indonesia pada Jumat (30/12/2022) besok. 

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengungkapkan, hujan lebat hingga ekstrem itu dikarenakan kondisi dinamika atmosfer di sekitar wilayah Indonesia masih signifikan.

"Berdasarkan pemodelan atmosfer akhirnya BMKG memprakirakan adanya potensi peningkatan curah hujan mulai tanggal 30-31 Desember di wilayah di Indonesia," kata Dwikorita dalam konferensi pers secara daring, Kamis (29/12). 

Menurut penjelasannya, indikasi potensi hujan lebat hingga ekstrem dapat dilihat dari perbedaan warna peta seperti yang ditunjukkan dalam konferensi pers tersebut. 

Adapun perbedaan warna tersebut terdiri dari hijau, kuning, oranye (orange), merah, dan merah muda atau pink.

"Harusnya kewaspadaan dilakukan ketika warnanya kuning, apalagi berkembang menjadi orange, merah dan yang paling parah yang pink," ujarnya.

Baca Juga: Antisipasi Cuaca Ekstrem, APINDO DKI Sebut Pengusaha di Jakarta Berlakukan WFH dan WFO

Warna pink, kata dia, menunjukkan curah hujan dengan intensitas bisa melampaui 150 mm dalam waktu satu hari.

Menurut penjelasannya, wilayah yang berwarna pink dalam peta yakni sebagian DKI Jakarta dan bagian wilayah utara Jawa Barat memanjang ke timur masuk ke Laut Jawa.

"Jadi Laut Jawa, masih pink dan masih akan terjadi hujan lebat, angin kencang dan gelombang tinggi bahkan banjir rob masih akan terjadi, itu di Laut Jawa hingga Jawa Tengah bagian utara," jelasnya.

"Ini (pink) warna yang paling ekstrem ada di sana." 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x