Kompas TV nasional peristiwa

Hari Ibu Diperingati 22 Desember, Ada Peran Bung Karno dalam Penetapannya

Kompas.tv - 22 Desember 2022, 05:42 WIB
hari-ibu-diperingati-22-desember-ada-peran-bung-karno-dalam-penetapannya
Foto ilustrasi cinta seorang ibu. Hari ini 22 Desember diperingati sebagai Hari Ibu. (Sumber: Pixabay/neildhodhia)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hari ini 22 Desember diperingati sebagai Hari Ibu Nasional. Hari Ibu diperingati sebagai pengingat peran seorang ibu yang berperan besar dalam hidup seorang manusia. Lantas, bagaimana sejarahnya?

Dirayakan tiap tanggal 22 Desember, hari ini berbeda dengan 'Mother Day' di Amerika Serikat (AS) yang kerap dirayakan pada hari Minggu di pekan kedua bulan Mei.

Sejarah Hari Ibu di Indonesia tidak terlepas dari peran perempuan di Tanah Air untuk meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara.

Sejarah Hari Ibu juga tak lepas dari penyelenggaraan Kongres Perempuan Indonesia III pada 22-27 Juli 1938 di Bandung.

Baca Juga: Ingkar Janji, Taliban Resmi Larang Perempuan Afghanistan Mendapat Pendidikan Setingkat Universitas

Perayaan Hari Ibu Nasional dipilih bertepatan ulang tahun hari pembukaan Kongres Perempuan Indonesia yang digelar dari 22 hingga 25 Desember 1928.

Kongres ini diselenggarakan di sebuah gedung bernama Ndalem Jayadipuran yang kini merupakan kantor Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional di Jl. Brigjen Katamso, Yogyakarta. 

Kongres yang dihadiri sekitar 30 organisasi perempuan dari 12 kota di Jawa dan Sumatera ini dimaksudkan untuk meningkatkan hak-hak perempuan di bidang pendidikan dan pernikahan.

Dalam pertemuan itu, isu yang diangkat adalah pendidikan bagi anak perempuan, perkawinan anak, kawin paksa, permaduan dan perceraian secara sewenang-wenan.



Sumber : Kompas TV/kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x