Kompas TV nasional peristiwa

Airlangga Hartarto: Indonesia Sudah Masuk Fase Endemi Covid-19

Kompas.tv - 21 Desember 2022, 14:22 WIB
airlangga-hartarto-indonesia-sudah-masuk-fase-endemi-covid-19
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang juga Koordinator PPKM Luar Jawa-Bali, Airlangga Hartarto menyatakan Indonesia sudah memasuki ke fase endemi Covid-19. (Sumber: Kemenko Perekonomian)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Luar Jawa-Bali Airlangga Hartarto menyatakan Indonesia sudah memasuki ke fase endemi Covid-19.

Hal ini disampaikan Airlangga menanggapi pernyataan Presiden Joko Widodo atau Jokowi terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) kemungkinan akan dihentikan pada akhir tahun ini.

Menurut penjelasannya, Indonesia tak lagi menyandang status pandemi Covid-19 dikarenakan hampir satu tahun terakhir, kasus di tanah air terus melandai.

"Sudah hampir 1 tahun Indonesia landai artinya berdasarkan kriteria dari WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) di level 1 dan itu sudah 12 bulan," kata Airlangga di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (21/2/2022). 

"Artinya secara negara sebetulnya kita sudah masuk, pandeminya sudah berubah menjadi endemi," imbuhnya.

Selain itu, lanjut dia kasus harian Covid-19 di Indonesia juga berada di bawah angka 2.000 dalam beberapa hari terakhir.

Dalam kesempatan itu, Menko Perekonomian ini menyebut pihaknya telah melaporkan kesiapan Indonesia untuk menyetop PPKM kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Sebut PPKM Mungkin akan Dihentikan Akhir Tahun Ini

Terkait kesiapan tersebut, dia menyebut pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tinggal menyelesaikan survei antibodi sebelum menetapkan hal itu.

"Tentu masih ada persiapan yang akan dilakukan oleh Kementerian Kesehatan antara lain sero survei tapi ya Insyaallah ini bisa dilakukan," jelas dia.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi mengungkapkan kemungkinan untuk menghentikan kebijakan PPKM pada akhir 2022.

Hal tersebut mengingat situasi pandemi di Tanah Air yang saat ini terus membaik. Selain itu, kasus harian Covid-19 pada Selasa (20/12/2022) berada di angka 1.200-an.

Pernyataan ini disampaikannya  dalam Outlook Perekonomian Indonesia Tahun 2023, di Jakarta, Rabu (21/12).

"Hari ini, kemarin kasus harian kita berada di angka 1.200 dan mungkin nanti akhir tahun kita akan menyatakan berhenti PSBB, PPKM kita," ujar Jokowi.

“Perjalanan seperti itu harus kita ingat betapa sangat sulitnya,” tambahnya.

Baca Juga: Jokowi akan Terbitkan Keppres Cabut PPKM Setelah Ada Kajian Menkes: Minggu Ini Sudah Sampai ke Saya


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x