Kompas TV nasional peristiwa

Antusiasme Warga Yogyakarta Nobar Pernikahan Kaesang dan Erina, Sangat Sakral

Kompas.tv - 10 Desember 2022, 15:53 WIB
antusiasme-warga-yogyakarta-nobar-pernikahan-kaesang-dan-erina-sangat-sakral
Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono duduk bersama di depan penghulu sebelum melakukan akad nikah di Pendopo Ambarrukmo Plaza, Sabtu (10/12/2022). (Sumber: Kompas TV/Sunbhio Pratama)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Fadhilah

SLEMAN, KOMPAS.TV - Kaesang Pangarep dan Erina Gudono melangsungkan pernikahan di Pendopo Royal Ambarrukmo, Sleman, Yogyakarta, siang ini, Sabtu (10/12/2022). 

Pantauan Kompas.tv di lapangan, warga yang tidak bisa masuk ke lokasi acara memilih nonton bareng di spot khusus yang tersedia di Mal Plaza Ambarrukmo (Amplaz). 

Seperti diketahui, prosesi pernikahan anak bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut ditayangkan dari layar monitor yang memang sengaja dipasang pihak mall untuk momen bersejarah itu. 

Salah satu pengunjung yang menyaksikan proses akad nikah, Amir Muallim (68 tahun) mengatakn proses akad nikah ini berlangsung sangat sakral.

"Sangat sakral dan sangat spiritual, selain itu sarat budaya karena memang dilaksanakan di tempat yang menerapkan budaya lokal yaitu di DIY yang memang dari aspek budaya lokal. Selain itu juga dari tata busana hampir semua memakai busana Jogja, ini jadi keunikan tersendiri," ucapnya ketika ditemui Kompas.tv. 

"Memang sengaja ke sini mas. Memang sih di rumah ada TV, tapi pengen ke sini biar bisa ngerasain nonton bareng (nobar), pengen tahu suasananya seperti apa, dan ternyata memang ramai," lanjutnya. 

Amir mengaku sudah di lokasi nobar sejak pukul 12.15 WIB tadi.

Bersama istrinya, ia datang menggunakan kendaraan bermotor dari rumahnya di Nologaten, yang berjarak sekitar 1 km dari Amplaz.

Warga menonton akad nikah Kaesang Pangarep dan Erina Gudono melalui layar yang disediakan oleh Plaza Ambarrukmo, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022). (Sumber: KOMPAS TV/Kiki Luqman)

Sementara itu, warga lain Supriyana (56 tahun) mengaku nobar di Amplaz karena tidak diperkenankan masuk. Supriyana sendiri merupakan sopir dari rombongan pengantin putri. 

"Tadinya mau masuk, tapi enggak bisa masuk meski saya sopir rombongan yang manten putri, jadi ya nonton di sini aja," ujarnya.

Meski begitu, Supriyana mengaku tak masalah. Yang terpenting dia bisa menyaksikan detik-detik akad nikah Kaesang-Erina walau hanya lewat layar monitor. 

"Alhamdulillah ya, jadi bagi masyarakat yang ingin mengetahui ijab kabul bisa tahu lewat nobar ini," ujar pria asal Sedayu, Bantul tersebut. 

Seperti diketahui, putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep  melangsungkan pernikahan dengan pasangannya Erina Gudono di Pendopo Royal Ambarukmo, Sleman siang ini.

Acara yang meliputi prosesi pasrah tampi, pembacaan ayat suci Al-Quran, akad nikah hingga Panggih pengantin ini masih berlangsung dan dijadwalkan rampung pada pukul 16.00 WIB.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x