Kompas TV nasional peristiwa

Libur Nataru 2022/2023, 62 Kapal Disiapkan di Pelabuhan Merak-Bakauheni

Kompas.tv - 10 Desember 2022, 11:43 WIB
libur-nataru-2022-2023-62-kapal-disiapkan-di-pelabuhan-merak-bakauheni
Suasana antrean kendaraan di Pelabuhan Merak, Sabtu (30/4/2022) pagi. Sebanyak 62 kapal di tujuh dermaga pada pelabuhan lintas Merak-Bakauheni telah disiapkan untuk melayani penyeberangan saat periode libur Nataru 2022/2023. (Sumber: KOMPAS.com/Rasyid Ridho)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV – Sebanyak 62 kapal di tujuh dermaga pada pelabuhan lintas Merak-Bakauheni telah disiapkan untuk melayani penyeberangan saat periode libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

"Total ada 62 kapal, lokasinya semua ada di pelabuhan Merak dan Bakauheni, masing-masing pelabuhan ada tujuh dermaga berpasangan," terang Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin, Jumat (9/12/2022), dikutip dari Kompas.com.

Dalam keterangan resmi pada Rabu (7/12) lalu, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Hendro Sugiatno memastikan, kapal-kapal tersebut telah melalui proses ramp check (pemeriksaan uji kelayakan kendaraan sebelum mengangkut penumpang) oleh Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kementerian Perhubungan.

"Berdasarkan hasil ramp check yang dilakukan BPTD pada 22 Oktober 2022 untuk kapal, dan 2-4 November 2022 untuk dermaga, tercatat 62 kapal dan tujuh dermaga siap beroperasi melayani Nataru," terangnya.  

Beli Tiket Jauh-Jauh Hari

Masyarakat yang akan naik kapal laut selama periode libur Nataru diimbau agar memesan tiket jauh-jauh hari secara mandiri sebelum waktu keberangkatan.

Baca Juga: Nataru, 7 Kapal Laik Laut Disiapkan di Pelabuhan Tanjung Emas

"Idealnya seluruh pengguna jasa telah bertiket minimal sehari sebelumnya. Ini kuncinya, agar melakukan reservasi jauh-jauh hari, karena sudah tidak ada penjualan tiket di pelabuhan," tutur Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi.

Adapun ASDP telah membuka penjualan tiket feri periode Nataru 2022/2023 sejak 60 hari sebelumnya.

Reservasi bisa dilakukan lewat sejumlah gerai resmi, termasuk laman www.ferizy.com, aplikasi Ferizy, serta sales channel Ferizy yaitu Alfamart, Indomaret, AgenBRILink, dan Agen Finpay (Delima Point).

Check-in Paling Lambat Dua Jam

Calon penumpang juga diimbau melakukan check-in dua jam sebelum waktu masuk pelabuhan agar tidak terlambat.

"Pengguna jasa yang telah membeli tiket untuk mengatur waktu di hari-H agar tidak terlambat dan melakukan check-in dua jam sebelumnya. Tiket akan expired (tidak berlaku) jika melewati waktu jadwal masuk pelabuhan," tutur Shelvy.

Sebagai informasi, apabila calon penumpang yang tiba di pelabuhan belum memiliki tiket, kendaraan akan diminta putar-balik ke luar pelabuhan.


 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x