Kompas TV nasional kesehatan

Perbedaan Diabetes Tipe 1 dan 2: Penyebab, Dampak, dan Faktor Risiko

Kompas.tv - 5 Desember 2022, 14:14 WIB
perbedaan-diabetes-tipe-1-dan-2-penyebab-dampak-dan-faktor-risiko
Ilustrasi cek kadar gula darah. Walaupun sama-sama dinamakan diabetes, diabetes tipe 1 dan tipe 2 adalah penyakit berbeda dengan penyebab yang berbeda juga. (Sumber: Grid.id)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Diabetes adalah penyakit atau gangguan metabolisme kronis yang ditandai dengan tingginya kandungan gula darah dalam tubuh. Apabila tidak terkontrol, diabetes dapat menimbulkan berbagai komplikasi yang membahayakan.

Seperti dilansir Badan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS (CDC), terdapat tiga jenis diabetes, yakni diabetes tipe 1, diabetes tipe 2, dan diabetes gestasional atau juga dikenal sebagai diabetes kehamilan.

Diabetes kehamilan sendiri berkembang pada wanita hamil yang sebelumnya belum pernah kena diabetes.

Bagi ibu hamil dengan diabetes kehamilan, jabang bayi memiliki risiko masalah kesehatan yang lebih tinggi.

Anak berisiko lebih tinggi mengalami obesitas saat kanak-kanak atau remaja atau mengidap diabetes tipe 2 di kemudian hari.

Baca Juga: 4 Cara Menurunkan Gula Darah Pasien Diabetes, Suntik Insulin hingga Minum Air Putih

Lalu, apakah perbedaan diabetes tipe 1 dan tipe 2? Sebagaimana disarikan Healthline, walaupun sama-sama dinamakan diabetes, diabetes tipe 1 dan tipe 2 adalah penyakit berbeda dengan penyebab yang berbeda juga.

Perbedaan Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2

Perbedaan utama dari diabetes tipe 1 dan tipe 2 adalah diabetes tipe 1 diyakini disebabkan reaksi autoimun dan berkembang pada tahap awal kehidupan.

Sementara itu, diabetes tipe 2 berkembang dalam kurun bertahun-tahun dan dikaitkan dengan faktor-faktor gaya hidup seperti kekurangan gerak dan kelebihan berat badan.

Diabetes tipe 2 umumnya didiagnosis pada orang dewasa.



Sumber : Kompas TV/CDC/Healthline


BERITA LAINNYA



Close Ads x