Kompas TV nasional update

6 Provinsi Ini Masih Berlakukan Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor hingga Desember 2022

Kompas.tv - 2 Desember 2022, 14:05 WIB
6-provinsi-ini-masih-berlakukan-pemutihan-pajak-kendaraan-bermotor-hingga-desember-2022
Korlantas Polri akan segera memberlakukan aturan penghapusan data kendaraan bermotor bagi yang telat pajak. STNK mati pajak 2 tahun maka kendaraan otomatis akan menjadi bodong. (Sumber: Antaranews)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebanyak enam provinsi di Indonesia ini masih memberlakukan pemutihan pajak kendaraan bermotor hingga bulan Desember 2022. 

Dengan memanfaatkan kesempatan ini, Anda akan terbebas dari denda keterlambatan membayar pajak kendaraan, baik motor atau mobil.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini daerah-daerah yang masih memberlakukan pemutihan:

1. Sumatera Selatan

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sumsel memberikan keringanan pajak hingga 31 Desember 2022.

"Kepada masyarakat Sumsel mari manfaatkan program pemutihan pajak yang akan berakhir di tanggal 31 Desember mendatang," kata Kepala Bapenda Sumsel Neng Muhaibah, Jumat (25/11/2022) dilansir dari Tribunnews.

Keringanan pajak kendaraan bermotor tahun 2022 di antaranya gratis biaya BBN II dari luar provinsi serta bebas denda, bunga PKB dan SWDKLLJ (dikecualikan untuk pendaftaran kendaraan baru).

2. Banten

Pemutihan pajak kendaraan bermotor di Banten berlangsung sejak tanggal 18 Agustus hingga 31 Desember 2022.

Masyarakat Jambi dapat memanfaatkan program ini sehingga terbebas dari denda atau sanksi administrasi keterlambatan bayar pajak kendaraan, bebas BBNKB, dan bebas BBNKB II.

Selain itu, masyarakat Banten juga dapat terbebas dari Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) untuk tahun lalu.

Baca Juga: Perpanjangan STNK Tanpa KTP yang Tertera Sebagai Pemilik Motor Ternyata Bisa, Ini Syaratnya!

3. DKI Jakarta

Badan Pendapatan Daerah Provinsi DKI Jakarta mengeluarkan kebijakan pemutihan atau penghapusan sanksi administrasi pajak daerah pada 15 September hingga 15 Desember 2022.

Putusan ini ada dalam surat keputusan Bapenda DKI Jakarta  Nomor 1588 Tahun 2022. Selain penghapusan denda bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB), denda lainnya yang dilakukan pembebasan yakni denda pajak kendaraan bermotor (PKB).

Melansir dari akun resmi instagram Bapenda DKI Jakarta, proses urusnya bisa melalui kantor Samsat setempat, baik di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Timur, dan Jakarta Utara.


 

4. Jawa Tengah

Pemutihan pajak kendaraan di Jawa Timur berlansung hingga 22 Desember 2022.

Masyarakat dapat memanfaatkan program ini sehingga terbebas dari denda keterlambatan bayar pajak kendaraan, bebas BBNKB, dan bebas BBNKB II.



Sumber : Kompas TV/berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x