Kompas TV nasional peristiwa

Sampaikan Dukacita atas Gempa Bumi di Cianjur, Jokowi Pastikan Beri Bantuan

Kompas.tv - 22 November 2022, 15:04 WIB
sampaikan-dukacita-atas-gempa-bumi-di-cianjur-jokowi-pastikan-beri-bantuan
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung lokasi terdampak gempa bumi di Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, pada Selasa (22/11/2022).  (Sumber: Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan duka cita mendalam atas bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, pada Senin (21/11/2022).

Ucapan belasungkawa tersebut disampaikan Kepala Negara saat meninjau langsung lokasi terdampak gempa bumi di Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, pada Selasa (22/11/2022). 

"Pertama-tama atas nama pribadi, atas nama pemerintah, saya ingin menyampaikan dukacita yang mendalam, belasungkawa atas terjadinya musibah gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat," kata Jokowi. 

Presiden menegaskan bahwa ia telah menginstruksikan jajaran menteri hingga TNI/Polri untuk bekerja sama dalam membantu penanganan pascagempa bumi yang terjadi di Kabupaten Cianjur, terutama terkait dengan pembukaan akses yang terkena longsor.

Dia menyebut, akses jalan yang sempat tertimbun sudah bisa dibuka pada Selasa pagi tadi.

Jokowi pun memastikan pemerintah akan memberikan bantuan kepada warga yang rumahnya terdampak gempa bumi.


 

Menurut penjelasannya, nantinya rumah-rumah yang rusak berat, rusak ringan, dan rusak sedang, pemerintah akan memberikan bantuan uang tunai.

Adapun jumlah kompensasi bagi rumah yang rusak itu bervariasi.

"Nantinya rumah-rumah yang rusak berat yang rusak ringan, yang rusak sedang pemerintah akan memberikan bantuan," ucapnya.

Baca Juga: Lapor ke Wapres soal Gempa Cianjur, Ridwan Kamil: 13.000 Orang Mengungsi, 2.300 Bangunan Warga Rusak



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x