Kompas TV nasional politik

Gibran Bertemu Anies, Aria Bima Nilai Wali Kota Solo Tak Dapat Keuntungan Politik Sama Sekali

Kompas.tv - 15 November 2022, 20:03 WIB
gibran-bertemu-anies-aria-bima-nilai-wali-kota-solo-tak-dapat-keuntungan-politik-sama-sekali
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dinilai sama sekali tidak mendapatkan keuntungan politik atas pertemuannya dengan Anies Baswedan. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV – Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka disebut sama sekali tidak mendapatkan keuntungan politik atas pertemuannya dengan Anies Baswedan.

Aria Bima, anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dari Fraksi PDIP, mengatakan hal itu dalam dialog Kompas Petang, Kompas TV, Selasa (15/11/2022).

“Saya melihat tidak ada keuntungan politik sama sekali dari Mas Wali, karena dia dari PDI Perjuangan dengan kehadirannya mantan Gubernur Anies ke situ,” tuturnya.

Bahkan, ia membenarkan bahwa ada persepsi bahwa kunjungan Anies menemui Gibran untuk memecah belah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

“Memang ada hal yang dipersepsikan demikian. Mas Wali ini kan dari PDI Perjuangan, sedangkan Mas Anies ini kan dicalonkan partai lain.”

Baca Juga: Gibran Rakabuming Diiming-imingi Cawapres Anies Baswedan oleh Politikus NasDem di Pilpres 2024

Menurutnya, jika melihat dari komunikasi nonverbal, Anies berkeinginan untuk terus mendapatkan persepsi publik atau penilaian publik bahwa ia dekat dengan seorang Gibran yang merupakan anak presiden.

“Dan bagaimana cara memuji Anies kepada Mas Wali, tentu tidak bisa tidak, dalam konteks politik, Anies tetap mendapat manfaat dari pertemuan dengan Gibran.”

“Saya melihat bagaimana Anies sedang mencari keuntungan politik, dengan cara memuji Gibran, sehingga kelihatan di sini cara-cara yang lebih smart dalam posisi dia,” tambahnya.

Ia juga mengaku melihat bahwa pertemuan itu untuk lebih mem-branding positioning Anies yang selama ini dilihat berseberangan dengan Jokowi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x