Kompas TV nasional peristiwa

Diduga Penyebab Kematian Satu Keluarga di Kalideres, Kriminolog UI Sebut "Apokaliptik", Apa Itu?

Kompas.tv - 15 November 2022, 06:43 WIB
diduga-penyebab-kematian-satu-keluarga-di-kalideres-kriminolog-ui-sebut-apokaliptik-apa-itu
Satu keluarga ditemukan tewas di Perumahan Citra Garden 1 Extension, Kalideres, Jakarta Barat, Kamis (10/11/2022) malam. (Sumber: Tribun Jakarta)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Satu keluarga ditemukan tewas di dalam rumah yang berada di Perumahan Citra Garden 1 Extension, Kalideres, Jakarta Barat pada Kamis (10/11/2022). 

Kriminolog Universitas Indonesia, Adrianus Meliala menduga kematian satu keluarga yang beranggotakan empat orang tersebut disebabkan oleh apokaliptik. 

"Jangan-jangan dari keempatnya penganut paham akhir dunia atau apokaliptik dan mencabut nyawa dengan cara yang ekstrem," ujar Adrianus, Sabtu (12/11/2022) dikutip dari TribunJatim.com.

Seperti diketahui sebelumnya, keempat mayat ditemukan oleh petugas PLN yang tengah melakukan pengecekan di rumah tersebut.

Baca Juga: Satu Keluarga Tewas di Kalideres Dikenal Tertutup, Sosiolog: Kepekaan Sosial Harus Ditingkatkan

Janggalnya, setelah dievakuasi dan diotopsi secara singkat, pihak kepolisian menduga para korban meninggal karena kelaparan. Padahal, keluarga tersebut terbilang berkecukupan, terlebih Perumahan CItra Garden 1 dikenal sebagai pemukiman orang-orang berduit. 

Lain itu, polisi tidak menemukan bahan makanan maupun air minum di rumah tersebut. Menurut Ketua RT 7, RW 15, Asiung, kapur barus tersebut ditempatkan di sebuah mangkuk di atas meja makan, dan di sebelahnya ada lilin merah serta bedak.

Namun, Adrianus juga masih ragu, karena itu masih butuh penyelidikan lebih jauh. “Saya bayangkan bunuh diri dengan melaparkan diri, tetapi saya tidak yakin orang mampu melakukan tindakan seperti itu,” sambung Adrianus.

“Tentu ada motif ya kenapa seperti itu, harus menunggu hasil autopsi yang akurat,” ucapnya.

Lalu, apa itu apokaliptik?

Arti Apokaliptik

Apokaliptik berasal dari bahasa Yunani 'apokalyptien' yang memiliki arti mengungkapkan sesuatu yang jauh. Kata tersebut diserap ke bahasa Inggris menjadi apocalypse atau di bahasa Indonesia apokalips. 

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBi), apokalips memiliki dua arti. Pertama, wahyu; penyingkapan. Kedua adalah kehancuran dunia pada akhir zaman. 

Hematnya, apokaliptik adalah sifat yang menunjukkan perihal gambaran kehancuran dunia di masa depan. 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x