Kompas TV nasional politik

Puan Dapat Gelar Doktor Honoris Causa dari PKNU Korsel, Ganjar Pranowo: Selamat Ya

Kompas.tv - 8 November 2022, 20:44 WIB
puan-dapat-gelar-doktor-honoris-causa-dari-pknu-korsel-ganjar-pranowo-selamat-ya
Ganjar Pranowo tertinggi dalam Survei Litbang Kompas yang dirilis pada hari ini, Rabu (16/10/2022) (Sumber: Kompas/A Hendra Setiawan)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS TV - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo turut mengucapkan selamat Ketua DPR RI Puan Maharani setelah resmi dianugerahi gelar Doktor Honoris Causa dari Pukyong National University (PKNU), Korea Selatan (Korse).

Pengukuhan Puan sebagai Doktor Honoris Causa tersebut digelar di Busan, Senin (7/11/2022).

Baca Juga: Puan Raih Gelar Honoris Causa, BRIN: Keberhasilannya Menginspirasi Perempuan Terjun ke Politik

"Selamat ya Mbak Puan atas penganugerahan Doktor Honoris Causa dr Pukyong National University, Korea Selatan," tulis Ganjar dalam akun Instagram pribadinya @ganjar_pranowo yang dikutip Selasa (8/11/2022). 

Ia berharap gelar yang diperoleh Puan dapat menjadi penambah semangat mantan Menko PMK dalam memperjuankan aspirasi masyarakat Indonesia. 

"Semoga jadi penambah semangat dan spirit perjuangan," ujarnya. 

Sebelumnya, dalam pidato ilimiahnya Puan bercerita mengenai latar belakang keluarga, perjuangan sebagai politikus hingga berhasil menjadi orang nomor satu di DPR RI.

“Saya terlahir di lingkungan keluarga politisi negarawan. Sebagaimana kita ketahui bersama, kakek kami, Dr. Hc. Ir. Soekarno atau Bung Karno adalah salah satu founding fathers bangsa Indonesia, Proklamator Kemerdekaan Negara Indonesia dan Presiden Pertama Republik Indonesia,” kata Puan seperti dikutip dari laman dpr.go.id, Senin (7/11/2022).


 

Puan juga menyinggung soal kiprah politik ibundanya, Megawati Soekarnoputri dan almarhum sang ayah, Taufiq Kiemas. Puan mengatakan, terlahir dari keluarga politikus memiliki peranan besar hingga ia pun memilih jalur politik dalam kariernya. 

“Kita tidak dapat memilih dilahirkan di mana dan di keluarga siapa. Saya bersyukur, alhamdulillah, karena Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, menakdirkan saya dilahirkan di keluarga Ibu Mega dan Almarhum Taufiq Kiemas,” kata Puan. 

Puan menyebut, latar belakangnya untuk menyampaikan bahwa meskipun ia berasal dari lingkungan keluarga politik negarawan, namun tidak berarti dirinya dengan serta merta menjadi seorang politikus dan praktisi kenegaraan.

Namun, diperlukan upaya dan kerja keras diri sendiri untuk dapat membuktikan diri dan tanggung jawab dalam mencapai eksistensi politikus yang diakui oleh publik.

Baca Juga: Megawati Tantang Puan: Ibu Harus Kamu Kalahkan

Nasib itu, tutur Puan, bukanlah hal yang harus ditunggu tetapi nasib adalah hal yang harus dicapai dengan memilih jalan, menempuh dan meraihnya dengan perjuangan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x