Kompas TV nasional kesehatan

Penting untuk Cegah Kanker Serviks, Melanie Subono Ajak Perempuan Vaksin HPV

Kompas.tv - 3 November 2022, 07:15 WIB
penting-untuk-cegah-kanker-serviks-melanie-subono-ajak-perempuan-vaksin-hpv
Melanie Subono (kanan) saat bicara tentang pentingnya vaksinasi HPV di kelas jurnalis MSD Indonesia di Jakarta, Rabu (2/11/2022). (Sumber: MSD Indonesia via Antara)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Seniman Melanie Subono mengajak kaum perempuan untuk vaksinasi human papillomavirus (HPV) yang penting untuk mencegah kanker serviks.

HPV sendiri merupakan penyebab utama kanker serviks. Menurut Kementerian Kesehatan RI, hampir 95 persen kasus kanker serviks di Indonesia disebabkan oleh HPV.

Melanie Subono sendiri pernah berjuang melawan kanker serviks pada usia belia. Ia menyebut momen itu sebagai pengingat untuk menjaga diri sendiri dan orang lain di sekitar.

"Sekarang saya bisa dibilang cukup tegas mengingatkan keluarga dan teman-teman perempuan untuk segera vaksinasi HPV, terutama bagi yang belum menikah dan aktif secara seksual," kata Melanie di kelas jurnalis MSD Indonesia, Rabu (2/11/2022) sebagaimana dikutip Antara.

Baca Juga: Daftar 19 Produk Unilever AS yang Ditarik Diduga Sebabkan Kanker: Ada Dove, TRESemme, hingga Suave

Lebih lanjut, Melanie mengajak masyarakat untuk rutin melakukan tes pap smear sebagai deteksi dini infeksi HPV. Ia juga mempromosikan gaya hidup sehat serta hubungan seksual secara aman.

Sementara itu, vaksinolog Dirga Sakti Rambe menegaskan, selain vaksin, satu-satunya jalan memiliki antibodi dari suatu penyakit adalah melalui sakit atau terinfeksi lebih dulu.

"Tentu ini bukan hal yang diinginkan. Sebaliknya, orang yang sudah divaksinasi lengkap akan memiliki kekebalan optimal sehingga terhindari dari penyakit, termasuk kanker serviks," kata Dirga.

Kanker serviks sendiri merupakan kanker dengan tingkat kematian tertinggi kedua di Indonesia setelah kanker payudara. Indonesia mencatat 36.633 kasus baru dan 21.003 kematian akibat kanker serviks pada 2020. Angka ini menunjukkan terdapat 88 kasus baru dan lebih dari 50 kematian akibat kanker leher rahim setiap hari di Indonesia.

Baca Juga: Vaksin Kanker Serviks Wajib Mulai 2022, Gratis Buat Kelompok Sasaran


 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x