Kompas TV nasional agama

Jokowi Mendadak Tak Hadir Langsung di Forum R20, Mahfud MD Ungkap Alasannya

Kompas.tv - 2 November 2022, 14:21 WIB
jokowi-mendadak-tak-hadir-langsung-di-forum-r20-mahfud-md-ungkap-alasannya
Mahfud MD bersama Erick Thohir di acara Forum R20 di Bali, Rabu (2/12/2022). Ia juga ungkap kenapa Jokowi tak hadir secara langsung (Sumber: Panitia R20 PBNU)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Presiden Joko Widodo mendadak tidak menghadiri secara langsung Forum Religion of Twenty (R20) di Nusa Dua, Bali, Rabu (2/10/2022). Sebagai gantinya, Presiden Jokowi menyampaikan sambutannya R20 secara virtual. 

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Mohammad Mahfud MD mengatakan Presiden Joko Widodo tidak hadir secara langsung di Nusa Dua, Bali karena kesibukannya mempersiapkan pelaksanaan G20 yang tinggal beberapa hari lagi. 

Mahfud MD menegaskan, meski Presiden tak hadir secara langsung, Jokowi dan pemerintah RI ikut bersemangat dan mendukung forum Religion of Twenty (R20) yang merupakan bagian dari G20. 

"Saya tahu Pak Presiden sudah lama merencanakan hadir di sini, tapi sebagai tuan rumah G20 beliau tiba-tiba selalu ada acara dan kegiatan yang menyebabkan agenda yang direncanakan seperti ini tidak jadi," kata Mahfud setelah acara pembukaan R20 di Ballroom Grand Hyatt Nusa Dua, Bali, Rabu (2/11/2022).

Meski Presiden tidak hadir secara fisik, Mahfud menegaskan, sambutan Presiden Jokowi secara virtual, merupakan sambutan resmi. "(Sambutan Presiden) itu atas nama pemerintah untuk acara ini," kata Mahfud.

Baca Juga: Pidato di depan Pemimpin Agama Dunia, Jokowi: Tokoh Agama yang Berbeda Persatukan Indonesia

Mahfud mengaku bersyukur dan bangga, Indonesia memiliki organisasi Islam terbesar di dunia, Nahdlatul Ulama, yang mengambil inisiatif untuk mengadakan forum R20 yang membicarakan perdamaian antaragama.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini berharap forum ini bisa memunculkan kesatuan kemanusiaan. 

“Bahwa apa pun agamanya, seperti apa pun rasnya, di mana pun tempatnya, manusia itu harus bersaudara membangun kemajuan bersama,” ujarnya.

Baca Juga: Jokowi Minta Pemimpin Agama Dunia Kerja Sama Demi Perdamaian Dunia

Presiden Jokowi membuka Forum R20 pada hari ini, Rabu (2/11/2022) secara virtual. Presiden mengucapkan selamat datang atas kedatangan para pemimpin agama dunia, seraya menyebut bahwa ada ratusan suku dan penduduk Indonesia yang bersatu dalam naungan Pancasila. 

Presiden juga minta agar para pemimpin agama dunia bekerja demi generasi mendatang, supaya tercipta perdamaian dunia.

 "Tokoh agama dari berbagai agama dan dari berbagai dunia harus bekerja sama untuk meningkatkan kontribusi agama dalam menyelesaikan masalah-masalah dunia, untuk mengurangi rivalitas dan menghentikan perang demi dunia yang damai, dunia yang bersatu," papar Jokowi diikuti dari Live TV NU.

Forum R20 adalah forum internasional temu pemimpin agama dunia yang digelar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) bersama Liga Dunia Muslim atau Muslim World League (MWL).

Dalam acara itu ratusan Delegasi dari berbagai Negara ini akan berada di Bali hingga tanggal 3 November 2022. Kemudian sebagai bagian dari rangkaian R20, delegasi akan diterbangkan ke Yogyakarta pada 4 November 2022 untuk mengunjungi ke sejumlah tempat, di antaranya Candi Prambanan dan Borobudur.

Forum R20 adalah forum internasional bagian dari G20 digelar PBNU bersama Liga Muslim Dunia atau Muslim World League (MWL) di Nusa Dua, Bali, pada 2-3 November 2022, diikuti 264 partisipan dari 32 negara.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.