Kompas TV nasional agama

Pidato di depan Pemimpin Agama Dunia, Jokowi: Tokoh Agama yang Berbeda Persatukan Indonesia

Kompas.tv - 2 November 2022, 10:52 WIB
pidato-di-depan-pemimpin-agama-dunia-jokowi-tokoh-agama-yang-berbeda-persatukan-indonesia
Presiden Jokowi saat buka Religion Twenty (R20) pada hari ini, Rabu (2/10/2022) (Sumber: TV NU)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sambutan virtual pembukaan Forum Agama G20 atau lazim disebut Religion of Twenty (R20) di Nusa Dua, Bali, hari ini, Rabu (2/11/2022) menyebut soal perbedaan antar agama justru menjadi kekuatan Indonesia. 

Di hadapan para pemimpin agama dunia dan delegasi yang hadir dalam Forum R20, Jokowi lantas mengucapkan selamat datang di Indonesia, negara yang terdiri dari 17.000 pulau dengan 3 zona waktu berbeda. 

Dalam sambutanya, Presiden Jokowi Jokowi mengatakan, keberadaan tokoh-tokoh agama yang berbeda juga menjadi bagian penting dalam mempersatukan Indonesia.  

"Tokoh-tokoh agama yang berbeda telah menjadi bagian utama dari perjuangan  kemerdekaan Indonesia. Tokoh-tokoh agama yang berbeda juga menjadi menjadi bagian penting untuk mempersatukan Indonesia," papar Jokowi, Rabu (2/11/2022) diikuti dari Live TVNU. 

"Bahkan tokoh agama yang berbeda juga menjadi bagian penting untuk menyukseskan program pembangunan pemerintah Indonesia," sambungnya.  

Baca Juga: Jokowi Minta Pemimpin Agama Dunia Kerja Sama Demi Perdamaian Dunia

Jokowi lantas juga menegaskan bahwa keberhasilan Indonesia saat ini termasuk dalam penangan COVID-19  juga berkat kontribusi tokoh-tokoh agama.

"Masjid, gereja, pura, vihara, dan klenteng telah menjadi pusat literasi masyarakat di berbagai bidang, gotong royong, lintas tokoh agama juga menjadi kebanggan Indonesia," lanjut Jokowi. 

Hal yang juga sangat penting, kata Jokowi, tokoh-tokoh agama dari agama yang berbeda harus terus bekerjasama meningkatkan kontribusi agama dalam menyelesaikan masalah-masalah dunia.

"Yang juga sangat penting adalah kita tokoh agama dari berbagai agama dan dari berbagai agama harus bekerjasama untuk meningkatkan kontribusi agama dalam menyelesaikan masalah-masalah dunia," sebut Jokowi.

"Untuk mengurangi rivalitas dan menghentikan perang demi dunia yang damai  dunia yang bersatu dan dunia yang bekerjasama untuk mewariskan kebaikan bagi generasi mendatang," tambahnya. 

"Selamat mengikuti konfereni R20. Semoga berhasil membangun kesepahaman dan kesepakatan serta menyepakati langkah-langkah konkret agar agama berkontribusi yang lebih besar terhadap peradaban dan untuk kemanusiaan serta demi dunia yang lebih membahagiakan," tutup Jokowi. 

Baca Juga: Undang Pemimpin Agama Dunia di R20 Bali, Gus Yahya: Sambut Satu Abad NU

Adapun R20 adalah bagian dari G20. Forum ini digagas oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan digelar pada 2-3 November  2022.

Para pemimpin agama dunia hadir dalam forum ini, termasuk  Syeikh Abdurachman Al Khayyat dari Liga Muslim Dunia. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x