Kompas TV nasional politik

Jadi Kader PDIP, Ahli Gunung Api Mbah Rono dan Eks Kepala BNPB Ganip Warsito Ungkap Alasan Gabung

Kompas.tv - 31 Oktober 2022, 06:20 WIB
jadi-kader-pdip-ahli-gunung-api-mbah-rono-dan-eks-kepala-bnpb-ganip-warsito-ungkap-alasan-gabung
Pakar gunung berapi atau ahli Vulkanologi Surono atau Mbah Rono di Sekolah PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Minggu (30/10/2022). (Sumber: KOMPAS.com/Rahel)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menggelar pelatihan atau kursus politik pembekalan bagi kader barunya se-Indonesia Tahun 2022.

Sejumlah purnawirawan jenderal TNI dan Polri, mantan atlet tenis Yayuk Basuki, hingga Ahli Gunung Api Surono yang akrab disapa Mbah Rono mengikuti pelatihan kader gelombang pertama di Sekolah Partai PDIP di Lenteng Agung, Minggu (30/11/2022).

Adapun sederet nama pensiunan jenderal TNI Polri yang mengikuti pembekalan kader hari ini, slaah satunya adalah Letjen TNI (Purn) Ganip Warsito, mantan Kepala BNPB.

Ganip Warsito mengungkapkan alasannya bergabung menjadi kader PDIP, yakni ingin melanjutkan perjuangan demi rakyat, bangsa, dan negara, selepas menjadi prajurit TNI.

"Saya selama ini memiliki keinginan untuk kerja untuk rakyat bangsa dan negara, ide dulu melalui TNI, sekarang menyalurkan melalui PDIP," kata Ganip di Sekolah PDIP, Lenteng Agung, Minggu, seperti dilaporkan Jurnalis Kompas TV, Putri Oktaviani.

Ganip pun mengungkapkan, bahwa dirinya juga mendapat tugas dan kesempatan dari partainya untuk mengikuti seleksi anggota legislatif di DPR RI.

Namun saat disinggung terkait akan mewakili daerah pemilihan (dapil) dan akan ke komisi berapa saat di DPR RI, Ganip menyerahkan sepenuhnya kepada kewenangan DPP PDIP.

Baca Juga: Ini Dia 6 Purnawirawan Jenderal TNI-Polri yang Resmi Bergabung jadi Kader PDI-P Jelang Pemilu 2024

"Saya dapat tugas dari DPP untuk mengikuti seleksi jadi anggota DPR RI rencananya demikian. Kalau ditanya tadi Dapil mana, saya sendiri masih belum tahu karena menunggu dari arahan partai. Saya di mana saja siap," tegasnya.


 

Tak hanya Ganip, pakar gunung berapi atau ahli vulkanologi Surono juga menuturkan alasannya memilih menjadi kader partai banteng moncong putih tersebut.

"Saya familiar (dengan PDIP), mertua saya dulu mantan ranting, kemudian waktu saya kuliah dan sampai perjuangan tahun 98 itu saya di belakang layar, karena saya PNS, itu teman-teman saya PDI," kata pria yang akrab disapa Mbah Rono, dikutip dari Kompas.com, Senin (31/10/2022).

"PDIP adalah partai yang terbuka sama saya dan sementara ini partai yang dewasa dan modern dan dengan bangga saya melamar di sini."

Hingga saat ini Mbah Rono mengaku belum berminat mencalonkan diri sebagai kepala daerah. Namun, dirinya siap jika mendapat kesempatan sebagai anggota legislatif atau caleg pada Pemilu 2024. Dia berharap dapat membangun energi terbarukan di Indonesia.

"Saya dulu dari Kementerian Sumber Daya Energi dan Air Mineral. Saya mungkin lebih banyak menguasai energi, semoga bila saya terpilih saya ingin membangun energi di Indonesia sehingga Indonesia punya ketahanan di bidang energi," jelas mantan Kepala PVMBG ini.

Baca Juga: Sejumlah Pensiunan Jenderal Bergabung Jadi Kader PDIP, Hasto Sebut akan Diberi Tugas Khusus



Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x