Kompas TV nasional peristiwa

Bayi Selamat dari Kebakaran Kapal Cantika 77, Ratusan Penumpang Dievakuasi

Kompas.tv - 25 Oktober 2022, 15:46 WIB
bayi-selamat-dari-kebakaran-kapal-cantika-77-ratusan-penumpang-dievakuasi
Seorang bayi korban Kapal Cantika 77 yang terbakar berhasil diselamatkan oleh tim gabungan di perairan Naikliu, Kabupaten Kupang, Selasa (25/10/2022). (Sumber: Humas Bakamla RI)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Seorang bayi yang merupakan korban kebakaran Kapal Cepat KFC EXP Cantika 77 diselamatkan oleh tim gabungan saat terapung di Perairan Naikliu, Kupang.

Tim gabungan ini berasal dari personel Stasiun Bakamla Kupang, tim SAR, dan masyarakat. Adapun unsur kapal dari unsur kapal dari KN. Antareja, RIB Basarnas 233, KM. Cantika 9E, Bahari Expres 3C, Kal Weling, Seareder Lantamal VII, Seareder Basarnas.

Baca Juga: Tim SAR Gabungan Berhasil Mengevakuasi 17 Korban KM Cantika 77 yang Terbakar

Dalam video pendek yang diterima Kompas TV, Selasa, tim mengambil seorang bayi yang tengah mengapung bersama orang tuanya. Terdengar pula suara tangisan bayi tersebut saat dievakuasi.

“Cepat angkat, bantu tarik!” teriak seorang tim penyelamat.

“Utamakan yang hidup!” timpal yang lain.

Setelah berhasil mengevakuasi bayi. tim pun mengangkat orang tua bayi tersebut ke atas kapal kecil.

Kepala Stasiun Bakamla Kupang Mayor Bakamla Yeanry Maryanthy Olang mengatakan bahwa saat ini timnya tengah berfokus pada korban yang terjebak.

“Saat ini personel Bakamla yang tergabung dengan Tim SAR gabungan fokus untuk mencari korban yang terjebak di kapal dan belum sempat menyelamatkan diri,” ujar Yeanry dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas TV, Selasa.

Baca Juga: Kapal KM Cantika 77 Terbakar, 14 Orang Penumpang Tewas

Hingga saat ini, jumlah korban yang berhasil dievakuasi tim gabungan berjumlah 112 orang. Unsur KFC Bahari Express 3C mengevakuasi 17 orang dengan rincian 3 laki-laki, 10 perempuan, 3 anak-anak, dan 3 bayi.

Kemudian dari unsur KN. Antareja membawa 95 orang (43 perempuan, 45 laki-laki, dan 7 jenazah korban yang meninggal dunia.

Berdasarkan keterangan dari nelayan Naikliu, beberapa korban ada yang berenang dan selamat hingga ke daratan.

Hingga kini, proses pencarian korban masih terus dilakukan di sekitar tempat kejadian.

Baca Juga: Video Amatir Rekam Evakuasi Penumpang Kapal Cantika 77 yang Terbakar di Perairan Pulau Timor

Sebagai informasi, Kapal Cantika 77 yang melayani rute Pelabuhan Tenau Kupang – Pelabuhan Kalabahi Alor mengalami kebakaran pada Senin (24/10/2022) sekitar pukul 13.00 WITA di Perairan Naikliu, Kupang.

Kapal tersebut membawa 167 penumpang dan 10 orang ABK. Sebanyak 14 orang dikabarkan meninggal dunia akibat peristiwa tersebut. Penyebab kebakaran hingga saat ini belum diketahui.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Opini

Arch of Augustus di Rimini

28 April 2024, 07:05 WIB

Close Ads x