Kompas TV nasional peristiwa

Sofyan Tak Sangka Anaknya Meninggal Akibat Gagal Ginjal Akut, Awalnya Cuma Demam

Kompas.tv - 24 Oktober 2022, 10:16 WIB
sofyan-tak-sangka-anaknya-meninggal-akibat-gagal-ginjal-akut-awalnya-cuma-demam
Mohammad Sofyan Sauri, warga Pasuruan, Jawa Timur bercerita kronologi anaknya meninggal akibat gagal ginjal akut misterius. (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Muhammad Sofyan Sauri, warga Pasurusan, Jawa Timur tak menyangka anaknya yang masih berusia di bawah 1 tahun meninggal akibat gagal ginjal akut misterius.

Sambil menangis, Sofyan bercerita awal mula buah hatinya, Muhammad Ali Suadar Hidayatullah sakit demam hingga tak bisa buang air kecil berhari-hari.

"Awalnya anak saya cuma demam biasa dan saya minta resep dari dokter dan dikasih resep sama dokter berupa sirop dan cuma sama puyer aja. Habis itu sudah sembuh beberapa hari," ujar Sofyan dalam tayangan Sapa Pagi Kompas TV, Senin (24/10/2022).

Namun, selang tak beberapa lama, anaknya kembali mengalami kenaikan suhu di bagian kepala. Ia pun kembali membawa Ali ke bidan terdekat.

"Saya periksakan lagi ke bidan terdekat, habis itu kata bidan 'oh ini emang masih musimnya anak panas dan demam', yaudah saya lega, terus saya juga dikasih obat," kata Sofyan.

Baca Juga: Polisi Sidak Obat Sirop di Apotek Hingga Kemenkes Sebut Obat Fomepizole Bisa Atasi Gagal Ginjal Akut

Keesokan harinya, saat Sofyan hendak bekerja, ia mendapati anaknya tidak buang air kecil sejak kemarin, terlihat dari pempers yang masih kering.

"Besoknya saya mau kerja, mau mandi sekalian anak saya tak mandiin, nah waktu itu (anak saya) masih pakai pempers, saya lepas pempernya terus saya bilang sama istri saya, 'mamah kok pempersnya masih kering, dipake lagi, ta?' terus mamah bilang 'jangan, Bi, itu kan dari kemarin nanti jadi penyakit, tak buang akhirnya," cerita Sofyan.

Kendati demikian, Sofyan saat itu tak memiliki firasat apapun mengenai nasib anaknya.

"Kita gak punya firasat apapun, mungkin gak pipis karena dia demam saat itu mungkin minumnya kan agak gak lancar kan gak kayak sehari-harinya gitu," ujarnya.


Namun, pada sekira pukul 15.00 WIB, istri Sofyan menelponnya bahwa sang anak masih belum bisa kencing.

Akhirnya pada keesokan hari, istri Sofyan membawa Ali ke puskesmas. Ia menjelaskan kepada petugas kesehatan bahwa anaknya demam dan tak bisa kencing.

Baca Juga: Kasus Gagal Ginjal Akut pada Anak Terus Bertambah, BPOM dan Kemenkes Masih Selidiki Penyebabnya!



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x