Kompas TV nasional politik

Perkenalkan Ridwan Kamil ke Jokowi, Ketum Golkar: Ini Pakai Batik Nuansanya Kuning

Kompas.tv - 22 Oktober 2022, 06:54 WIB
perkenalkan-ridwan-kamil-ke-jokowi-ketum-golkar-ini-pakai-batik-nuansanya-kuning
Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto memberi sinyal bahwa Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan menjadi kader Golkar, Jumat (21/10/2022). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto memberi sinyal bahwa Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan menjadi kader Golkar.

Sinyal tersebut terlontar saat Airlangga memberi salam kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), ketua MPR dan wakil ketua DPR, senior partai Golkar, dan para petinggi partai politik yang hadir pada peringatan HUT ke-58 Partai Golkar di JIExpo Kemayoran, Jumat (21/10/2022).

Di tengah penghormatan tersebut, Ridwan Kamil menjadi satu-satunya kepala daerah yang disebut Airlangga. Padahal kepala-kepala daerah dari Partai Golkar juga hadir di acara tersebut. 

Baca Juga: HUT ke-58 Golkar, Airlangga Hartarto Berterima Kasih kepada Jokowi Bisa Magang di Kabinet

Airlangga bahkan memperkenalkan Ridwan kepada Presiden Jokowi dengan menyinggung batik bernuansa kuning yang dikenakan gubernur Jawa Barat tersebut.

Awalnya, Airlangga yang juga menjabat sebagai Menko Perekonomian, memberi penghormatan kepada Presiden Jokowi, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Wakil Ketua DPR Lodewijk F Paulus dan Menkopolhukam Mahfud MD. 

Kemudian kepada seluruh tokoh senior dan petinggi partai lain yang hadir. Airlangga memperkenalkan para senior dan mantan ketua umum Golkar satu per satu. 

Mulai dari Jusuf Kala, Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 yang juga Ketum Golkar 2004–2009, Akbar Tanjung ketum Golkar 1999-2004, Aburizal Bakrie ketum Golkar 2009-2014, Luhut Binsar Panjaitan, hingga jajaran DPP dan DPD Partai Golkar.  

Baca Juga: Berpidato di HUT Partai Golkar, Jokowi: Golkar akan Cermat dan Tak Sembrono Pilih Capres

Airlangga juga memberi penghormatan kepada para ketum partai politik serta sekjen partai politik yang hadir, mulai dari PAN, PPP, Partai Nasdem, Partai Demokrat, PDIP, PSI, PKS dan Perindo. 

Di sela-sela penghormatan tersebut, Airlangga memperkenalkan Ridwan Kamil.

"Dan juga masih ada yang masih pakai batik, Pak. Nuansanya kuning, Pak Presiden. Ini namanya Pak Ridwan Kamil," ujar Airlangga sembari mempersilakan Ridwan untuk berdiri.

Perkenalan Ridwan Kamil tersebut disambut tepuk tangan Presiden Jokowi dan tamu undangan lainnya.

Baca Juga: HUT ke-58 Partai Golkar, Airlangga Hartarto Janji Lanjutkan Program Pembangunan Jokowi

Usai acara, Ridwan Kamil tak keberatan diperkenalkan di tengah kader Partai Golkar. Menurut Kang Emil, sapaan akrab Ridwan, hingga saat ini dirinya belum menentukan akan berlabuh ke partai mana. 

Namun Ridwan sudah memiliki rencana akan bergabung ke partai pada tahun ini. 

"Saya sedang menimang-nimang untuk bergabung partai, mudah-mudahan di tahun ini, salah satu pertimbangan pastinya (ke Golkar)," ujar Kang Emil.

 


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x