Kompas TV nasional kesehatan

Moms, Ini Obat Penurun Panas- Demam pada Anak Pengganti Parasetamol, Cukup Efektif

Kompas.tv - 19 Oktober 2022, 12:20 WIB
moms-ini-obat-penurun-panas-demam-pada-anak-pengganti-parasetamol-cukup-efektif
Ilustrasi demam (Sumber: pixabay.com)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kasus gagal ginjal akut yang menyerang anak-anak meningkat. Kementerian Kesehatan mengimbau orang tua untuk tidak panik dan selalu meningkatkan kewaspadaan terkait kesehatan buah hatinya.

Seperti dikutip dari situs Kemenkes terdapat beberapa gejala yang mengarah pada gagal ginjal akut, seperti demam, batuk, pilek, muntah, diare serta jumlah air seni atau kencing yang menurun drastis.

Kasus serupa sebelumnya terjadi di Gambia dengan penyebab karena obat sirup parasetamol yang mengandung dietilen glikol (DEG) dan etilen glikol (EG).

Baca Juga: Waspada Gagal Ginjal Akut Misterius Pada Anak, Gejala Awal Demam, Muntah Hingga Diare!

Untuk di Indonesia, saat ini pihak terkait masih melakukan pemeriksaan laboratorium dan penyebab pasti gagal ginjal akut pada anak.

Padahal di tengah pergantian musim yang tak menentu atau pancaroba anak jadi mudah sakit dan terserang batuk pilek. Para orang tua menggunakan parasetamol bentuk sirup untuk menurunkan anaknya yang terkena demam.

Dengan adanya kasus seperti ini, apakah ada alternatif obat penurun panas atau demam selain menggunakan parasetamol sirup?

Baca Juga: Kasus Gagal Ginjal Akut Melonjak, Ini Cara Mencegah Anak Sakit di Musim Pancaroba

Alternatif pengganti parasetamol untuk anak

Terdapat alternatif obat lain yang bisa digunakan untuk menurunkan demam pada anak. Guru Besar Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM) Zullies Ikawati mengatakan alternatif obat penurun panas salah satunya adalah ibuprofen.

"Kalau bukan karena DBD, bisa gunakan ibuprofen," kata Zullies dikutip dari Kompas.com, Rabu (19/10/2022).




Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x