Kompas TV nasional hukum

Keluarga Brigadir J Siap Hadiri Persidangan Sambo Cs Setiap Saat, Termasuk Jadi Saksi

Kompas.tv - 17 Oktober 2022, 06:20 WIB
keluarga-brigadir-j-siap-hadiri-persidangan-sambo-cs-setiap-saat-termasuk-jadi-saksi
Tim pengacara keluarga Brigadir J, Nelson Simanjuntak saat menjelaskan perkembangan kasus penembakan Brigadir J di program Sapa Indonesia Malam, KOMPAS TV, Kamis (21/7/2022). (Sumber: Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengacara atau kuasa hukum keluarga Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Nelson Simanjuntak, menegaskan bahwa keluarga Brigadir Yosua siap dipanggil setiap saat sebagai saksi di dalam persidangan Ferdy Sambo Cs.

"Kami akan siap menghadirkan para saksi termasuk saksi kunci," ujar Nelson di Kompas Petang KOMPAS TV, Minggu (16/10/2022).

Keluarga almarhum Yosua, kata dia, mengharapkan kebenaran materiel di dalam persidangan kasus pembunuhan berencana Brigadir J dan perintangan penyindikan (obstruction of justice) di Jakarta, termasuk dugaan kekerasan seksual yang disebut oleh terdakwa Putri Candrawathi.

"Oleh karena itu keluarga siap hadir di Jakarta kapan saja atas panggilan dari pengadilan," tegasnya.

Ia juga mengatakan, pihak keluarga Brigadir J mempertanyakan kehadiran mereka berikutnya sebagai saksi di persidangan Ferdy Sambo Cs.

"Keluarga sepenuhnya menyerahkan apa-apa yang akan kami lakukan sebagaimana normatif, tentu besok pagi hari Senin mereka mempertanyakan juga kehadiran berikutnya," terangnya.

Baca Juga: Jelang Sidang Perdana Ferdy Sambo Cs, Kekasih Brigadir J Doakan Majelis Hakim: Kami Ingin Keadilan

Ia mengatakan, pihaknya juga sudah menyiapkan sebelas saksi untuk menghadiri persidangan kasus Duren Tiga.

"Ada sebelas saksi yang sudah kami persiapkan, yang sudah di-BAP (Berita Acara Pemeriksaan -red) oleh kepolisian Bareskrim, mereka juga siap hadir," ujarnya

Saksi tersebut terdiri dari keluarga dan kekasih mendiang Yosua serta beberapa tenaga medis.

"Saksi ini yang paling krusial adalah ayahanda atau ibunda dari Yosua, lalu ada saksi kunci kami yaitu kekasih dari Yosua," jelasnya.

"Selebihnya adalah saudara-saudara beliau, baru adiknya yang ikut menyaksikan kondisi jenazah, baru ada 2-3 orang medis, paramedis yang ada di daerah Jambi," lanjut dia.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.TV sebelumnya, pengacara keluarga Brigadir J, Martin Lukas Simanjuntak, memastikan bahwa kliennya tidak akan menghadiri sidang perdana Ferdy Sambo Cs besok Senin (17/10/2022).

Baca Juga: Keluarga Brigadir J Tak akan Hadiri Sidang Perdana Ferdy Sambo Besok

"Untuk agenda persidangan besok, yang akan hadir adalah para kuasa hukum. Keluarga tidak akan hadir," kata Martin kepada jurnalis KompasTV, Putri Oktaviani, Minggu (16/10/2022).

Menurut dia, keluarga memastikan akan hadir saat persidangan memasuki tahap pembuktian.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Opini

Arch of Augustus di Rimini

28 April 2024, 07:05 WIB

Close Ads x