Kompas TV nasional peristiwa

Gaya Hidup Polisi Disemprot Jokowi: Merasa Gagah Punya Mobil Bagus dan Motor Gede

Kompas.tv - 15 Oktober 2022, 18:48 WIB
gaya-hidup-polisi-disemprot-jokowi-merasa-gagah-punya-mobil-bagus-dan-motor-gede
IIustrasi aparat kepolisian. (Sumber:Kompas. com)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gaya hidup aparat kepolisian mendapatkan perhatian serius dari Presiden Jokowi. Tanpa sungkan, Jokowi langsung menyemprot aparat penegak hukum itu dalam arahannya di hadapan ratusan perwira polisi, Jumat (14/5/2022).

Salah satu yang disebut oleh Jokowi adalah merasa gagah dengan memamerkan kepemilikan kendaraan mewah.  

“Jangan gagah-gagahan karena merasa punya mobil bagus atau motor gede yang bagus. Hati-hati, saya ingatkan, hati-hati,” tegasnya.

Apalagi, kata Jokowi, dalam situasi sulit yang tengah dihadapi masyarakat. Sebab, hal itu akan menimbulkan kecemburuan sosial dan ekonomi. 

Baca Juga: Mahfud MD Minta Polri Lenyapkan Friksi Internal: kalau Polisi Mau Bagus, kalau Nggak ya Susah

“Saya ingatkan masalah gaya hidup, lifestyle, jangan sampai dalam situasi yang sulit ada letupan-letupan sosial karena ada kecemburuan sosial ekonomi, kecemburuan sosial ekonomi, hati-hati,” ujar Jokowi serius.

Dengan tegas, Jokowi juga meminta seluruh jajaran pejabat Polri untuk mengerem total terkait dengan gaya hidup tersebut.

“Sehingga saya ingatkan, yang namanya kapolres, wakapolres, yang namanya kapolda, yang namanya seluruh pejabat utama perwira tinggi, rem total masalah gaya hidup,” tutur Jokowi.

Soal gaya hidup hedon aparat sudah lama dikeluhkan masyarakat. Banyak aparat yang tampil dengan motor gede seharga ratusan juta bahkan mobil mewah miliaran rupiah. Bahkan, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD terang-terangan menyebut reformasi kultural di tubuh kepolisian.

Selama ini, reformasi kultural di tubuh Polri berjalan stagnan dan terkesan mundur.

Baca Juga: Polisi Terlibat Jual Beli Narkoba, Kompolnas Rekomendasikan Jangan Tunda Pemusnahan Barang Bukti

“Perlu ada perubahan kultur di tubuh Polri. Moralitas anggota Polri perlu diubah, terutama terkait hedonisme dan tindak kesewenang-wenangan yang kerap ditunjukkan,” kata Mahfud MD, saat menjadi keynote speech di acara FGD ’Akselerasi Reformasi Kultural Guna Mewujudkan Polri Presisisi’ yang diselenggarakan oleh Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) di Jakarta, Selasa (20/9/2022).


 


    



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x