Kompas TV nasional hukum

Hakim Kasus Kopi Sianida Ingatkan KY soal Keselamatan Majelis Hakim yang Tangani Ferdy Sambo Cs

Kompas.tv - 14 Oktober 2022, 05:30 WIB
hakim-kasus-kopi-sianida-ingatkan-ky-soal-keselamatan-majelis-hakim-yang-tangani-ferdy-sambo-cs
Hakim Kasus Kopi Maut Sianida Binsar Gultom di program Rosi KOMPAS TV, Kamis (13/10/2022). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Keamanan dan keselamatan majelis hakim yang akan menangani perkara pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J perlu mendapat perhatian.

Hakim Binsar Gultom yang pernah menangani kasus "Kopi Maut Sianida" pada 2016 silam menilai, Komisi Yudisial (KY) perlu memperhatikan keamanan dan keselamatan majelis hakim yang menangani perkara besar, seperti kasus pembunuhan Brigadir J.

Berkaca dari pengalaman menyidangkan kasus kopi sianida, dirinya tidak mendapat pengawalan keamanan usai sidang.

Baca Juga: Berkas Lengkap! Ferdy Sambo CS Diadili Pekan Depan

Tak hanya itu dalam persidangan yang menjadi perhatian publik pastinya ada kegaduhan dan berujung merendahkan martabat hakim hingga mengancam keselamatan hakim dan keluarga.

Menurut Binsar,  Komisi Yudisial dapat mengambil tindakan hukum dan atau langkah lain terhadap orang perseorangan, kelompok orang, atau badan hukum yang merendahkan kehormatan dan keluhuran martabat hakim. Baik dalam persidangan maupun usai sidang. 

"Yang dimaksud merendahkan martabat hakim ini dari berbagai cara-cara di persidangan sampai mengarah pada profesi hingga ruang lingkup pribadi," ujar Binsar di program Rosi KOMPAS TV, Kamis (13/10/2022).

Binsar menambahkan selain menjaga dan menegakkan pelaksanaan kode etik dan atau pedoman perilaku hakim, KY bisa memberikan rekomendasi kepada aparat hukum untuk perlindungan terhadap majelis hakim tidak hanya di persidangan, tapi juga usai sidang dilaksanakan. 

Baca Juga: Sambo Segera Sidang, Ini Pendapat Mantan Hakim Agung Gayus Lumbuun!



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x