Kompas TV nasional hukum

Kliennya Justice Collaborator, Pengacara Bharada E Minta LPSK Surati Jaksa dan Hakim, Ini Tujuannya

Kompas.tv - 12 Oktober 2022, 22:06 WIB
kliennya-justice-collaborator-pengacara-bharada-e-minta-lpsk-surati-jaksa-dan-hakim-ini-tujuannya
Pihak kuasa hukum Bharada E alias Richard Eliezer akan berkoordinasi dengan LPSK agar bersurat pada jaksa dan hakim, sebagai pertimbangan dalam penuntutan. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pihak kuasa hukum Bharada E alias Richard Eliezer akan berkoordinasi dengan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) agar bersurat pada jaksa dan hakim, sebagai pertimbangan dalam penuntutan.

Ronny Talapessy, pengacara Eliezer, mengatakan, jika melihat dalam Undang-Undang Perlindungan Saksi dan Korban, atau UU Nomor 31 tahun 2014, kliennya menjadi saksi kunci, dan dalam hal ini negara akan memberikan reward atau penghargaan.

Menurut analisanya, filosofi dari undang-undang perlindungan saksi dan korban adalah seperti itu.

“Ketika pelaku yang bukan pelaku utama menyampaikan kebenaran, membantu proses penyidikan, penuntutan, negara wajib memberikan reward,” jelasnya dalam Satu Meja The Forum, Kompas TV, Rabu (12/10/2022).

“Ke depannya kita akan berkoordinasi dengan LPSK sehingga LPSK akan mengirimkan surat kepada jaksa penuntut umum, sehingga menjadi pertimbangan dalam penuntutan, dan juga mengirimkan surat kepada hakim agar dalam putusannya juga mempertimbangkan status dari klien saya,” tuturnya.

Baca Juga: Pengacara Ferdy Sambo Ingatkan Bharada E Tidak Pakai Label JC untuk Selamatkan Diri Sendiri

Dalam dialog tersebut, Ronny menjelaskan bahwa Eliezer akan menyampaikan kronologi secara utuh.

Menurutnya, Bharada E juga akan menjelaskan rangkaian kronologis dari Magelang, rumah Ferdy Sambo di Jl Saguling, hingga rumah Duren Tiga.

“Di sini kan sangat jelas bahwa klien saya tidak punya motif (membunuh Brigadir J), tidak punya mens rea, tidak mempunyai niat, itu akan kita buktikan di pengadilan,” sebutnya merujuk istilah hukum terkait sikap batin pelaku ketika melakukan tindak pidana.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x