Kompas TV nasional sosial

Maarif Institute Gelar Festival Pemikiran Ahmad Syafii Maarif selama 8 Bulan, Ini Rangkaiannya

Kompas.tv - 7 Oktober 2022, 03:05 WIB
maarif-institute-gelar-festival-pemikiran-ahmad-syafii-maarif-selama-8-bulan-ini-rangkaiannya
Almarhum Buya Syafi'i Ma'arif sang Guru Bangsa. (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Maarif Institute menggelar acara Festival Pemikiran Ahmad Syafi'i Ma'arif (ASM). Kegiatan yang ditujukan bagi generasi muda ini akan dilaksanakan selama delapan bulan mulai Oktober 2022 hingga Mei 2023. 

Direktur Program Maarif Institute Moh Shofan menyatakan, rangkaian Festival Pemikiran ASM dimulai dengan pengumuman sayembara video pendek dan artikel.

Kemudian diskusi buku-buku karya ASM yang dijadwalkan pada 27 Oktober 2022 di Bentara Budaya Jakarta (BBJ), Jakarta. 

Rangkaian festival dilanjutkan dengan Muktamar Pemikiran ASM yang diselenggarakan pada 12 Nopember 2022, Surakarta, Jawa Tengah. 

Baca Juga: Pesan Terakhir Buya Syafii Maarif, Ingatkan Jaga Keutuhan Bangsa, Umat Islam dan Muhammadiyah

Fokus muktamar pemikiran adalah membahas relevansi pemikiran ASM dalam konteks tantangan keindonesiaan dan kemanusiaan hari ini. 

Kegiatan ini disambung dengan program Sekolah Kebudayaan dan Kemanusiaan ASM Ke-IV (SKK-ASM IV) selama lima hari, yaitu pada 13-17 Nopember 2022. 

"Program SKK-ASM menghadirkan sejumlah tokoh lokal dan nasional lintas agama serta cendekiawan," ujar Shofan dalam keterangan tertulisnya, Kamis (6/10/2022).

Menurut Shofan, dari Muktamar Pemikiran ASM akan lahir pokok-pokok pemikiran ASM yang disumbangkan untuk bangsa ini sebagai salah satu kader terbaik Muhammadiyah. 

Baca Juga: Mahfud MD Mengaku Terharu Mendengar Pesan Buya Syafii Maarif Sebelum Meninggal - ROSI

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka syiar Muktamar Muhammadiyah ke-48 yang akan digelar 19-20 Nopember 2022 di Solo, Jawa Tengah. 

Shofan menjelaskan, perhelatan Muktamar Pemikiran ASM dan SKK IV bakal diikuti 100 orang peserta dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.