Kompas TV nasional peristiwa

Kisah Pilu Samin, Uang Puluhan Juta Dimakan Rayap di Celengan, Ditabung 2,5 Tahun buat Daftar Haji

Kompas.tv - 14 September 2022, 10:06 WIB
kisah-pilu-samin-uang-puluhan-juta-dimakan-rayap-di-celengan-ditabung-2-5-tahun-buat-daftar-haji
Samin memperlihatkan uang tabungannya yang rusak akibat dimakan rayap di Solo, Selasa (13/9/2022). (Sumber: ANTARA/Aris Wasita)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

SOLO, KOMPAS.TV – Kisah pilu dialami Samin (53 tahun), seorang penjaga sekolah di SDN Lojiwetan Solo, Jawa Tengah, yang harus menahan tangis lantaran uang yang ia tabung di celengan rusak dimakan rayap.

Samin cerita, uang puluhan juta yang ditabung dalam celengan selama sekitar 2,5 tahun itu,  rusak berkeping-keping.

Padahal, uang tersebut, ia niatkan ditabung untuk biaya daftar haji ke tanah suci.

Awalnya, Samin punya keinginan daftar haji sama istri dan anak-anak. Setiap dapat rezeki sedikit demi sedikit, ia  masukkan ke kaleng. Uang itu dikumpulkan dalam kaleng sejak sebelum pandemi COVID-19.

Namun, tiga hari sebelum kejadian, ia memiliki firasat buruk terkait uang yang ditabungnya. Oleh karena itu, ia meminta istrinya untuk segera membuka dan menghitung uang yang ditabung di kaleng itu.

"Ini tabungannya sudah penuh, siapa tahu sudah cukup untuk biaya haji. Tadi pagi kok di sini (menunjuk ruangan tempatnya menyimpan celengan) kok ada rayap." katanya di Kompas Malam KOMPAS TV, Selasa (13/9/2022). 

Benar saja, saat istrinya akan membuka, justru muncul rayap dari dalam celengan.

Oleh Samin, celengan langsung dibuka dan ia terbelalak melihat  berlembar-lembar uang pecahan Rp50.000 dan Rp100.000 sudah rusak dimakan rayap.

"Lho kok enteng setelah ada rayap itu. Padahal harusnya berat kan. Lalu kaget itu. Setelah dibuka, owalah duitnya kok begitu (hancur dimakan rayap)," ujarnya dengan mata berkaca-kaca. 

Potret uang Samin yang rusak karena rayap (Sumber: Kompas TV)

Ia juga cerita, kebetulan punya celengan dua, yang satu masih utuh, karena celengan baru.

"Kalau yang rusak ini celengan lama, tapi karena sudah penuh saya pakai celengan yang baru. Kalau yang satu isinya sebesar Rp49,8 juta, kemungkinan celengan yang rusak ini lebih dari itu, karena lebih banyak isinya," katanya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x