Kompas TV nasional peristiwa

TNI AL Temukan Siluet Bentuk Pesawat di Laut, Diduga Lokasi Jatuh Pesawat Latih Bonanza G36

Kompas.tv - 7 September 2022, 16:51 WIB
tni-al-temukan-siluet-bentuk-pesawat-di-laut-diduga-lokasi-jatuh-pesawat-latih-bonanza-g36
Pihak TNI Angkatan laut menduga telah menemukan titik jatuhnya pesawat latih jenis Bonanza G36 yang jatuh saat latihan di Selat Madura, Rabu (7/9/2022). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pihak TNI Angkatan laut (AL) menduga telah menemukan titik jatuhnya pesawat latih jenis Bonanza G36 yang jatuh saat tengah menggelar latihan rutin di Selat Madura, Rabu (7/9/2022).

Laksda TNI Dwika Tjahja Setiawan, Komandan Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Danpuspenerbal), mengatakan, pihaknya menemukan titik itu dari temuan sonar.

“Diduga titik yang ditemukan ini adalah bangkai pesawat tersebut, karena kita menggunakan peralatan sonar yang ada di kapal, menampiklkan wujud atau siluet badan pesawat,” jelasnya dalam konferensi pers, Rabu sore yang dipantau pada program Kompas Petang di Kompas TV.

Ia menambahkan, hasil yang tampak pada layar monitor sonar hanya berbentuk siluet.

Baca Juga: Viral! Video Sekdes di Purworejo Diduga Tenggak Miras

“Hasil yang dilihat di layar monitor sonar bentuknya hanya siluet pesawat, jadi kita tidak bisa detail melihat apakah masih ada kru, kondisi seperti apa, tidak terlihat,” tegasnya.

Ia menuturkan, pesawat tersebut berisi dua awak, yakni pilot atas nama Letnan Satu laut Yudistira Eka Permadi dan kopilot Letnan Dua Laut Dendi Krisna Bakti.

Dwika menuturkan, pesawat ini masuk ke jajaran TNI AL pada tahun 2013, dan relatif masih layak, karena baru melakukan pemeliharan rutin pada tanggal 22 Agustus 2022.

Kegiatan yang dilakukan oleh pesawat tersebut adalah dalam rangka mendukung latihan kesiapsiagaan armada dalam rangka latihan operasi laut.

“Kejadian tepatnya di Selat Madura,sebelah  timur Kota Gresik.”

“Pesawat tersebut mengalami suatu gangguan, kemungkinan jatuh ke laut dan tenggelam,” ucapnya.

Sampai saat ini tim SAR AL melibatkan beberapa KRI, helikopter untuk melakukan pencarian, didukung dengan pengerahan pasukan Kopaska.

Baca Juga: BREAKING NEWS - Pesawat Milik TNI AL T-2503 Jatuh di Perairan Selat Madura Saat Latihan dengan KRI

“Sampai sore ini perkembangan di lapangan telah menemukan titik di mana jatuhnya pesawat itu, yang  diduga adalah kerangka pesawat, yang saat ini masih proses untuk melakukan penyelaman.”

Mengenai penyebab kecelakaan, Dwika mengatakan masih didalami, karena pihaknya akan menurunkan tim investigasi setelah pesawat ditemukan dan diangkat.

“Kondisi pilot belum bisa dipastikan, kemungkinan nanti sampai dengan tim penyelam yang melksanakan pertolongan telah benar-benar dapat menemukan dan melaporkan kondisi penerbang tersebut.”



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x