Kompas TV nasional peristiwa

Sama-sama Sebut Ada Kelalaian Sopir, Ini Beda Pendapat Polisi dan KNKT soal Kecelakaan Maut Bekasi

Kompas.tv - 3 September 2022, 07:08 WIB
sama-sama-sebut-ada-kelalaian-sopir-ini-beda-pendapat-polisi-dan-knkt-soal-kecelakaan-maut-bekasi
Truk kontainer diduga penyebab kecelakaan maut di Jalan Sultan Agung Kota Bekasi, Rabu. (Sumber: Kompas.tv/Ant/Pradita Kurniawan Sya)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

BEKASI, KOMPAS — Ada perbedaan antara temuan pihak Kepolisian Resor (Polres) Metro Bekasi Kota dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) soal kecelakaan lalu lintas yang melibatkan truk tronton dan merenggut 10 nyawa di Bekasi, Jawa Barat, baru-baru ini.

Meskipun ada perbedaan temuan antara kedua lembaga tersebut, kesimpulan dari keduanya hampir sama, yakni akibat kelalaian sopir.

”Saya sampaikan akibatnya lalai. Lalai kan banyak, ngantuk, dia sedang menengok ke mana, dan lain-lain,” kata Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Metro Bekasi Kota Kombes Pol Hengki, Jumat (2/9/2022), di Bekasi, dikutip dari Kompas.id.

Menurut Hengki, pengemudi truk berinisial AS (30) tidak salah jalan dan tidak salah dalam mengoper persneling.

”Tidak mungkin, itu jalan lurus, masa mau mutar. Kan, saya tidak pernah menyampaikan salah jalan atau apa. Yang pasti karena lalai,” ucap Hengki.

Baca Juga: BPJamsostek Berikan Santunan ke Ahli Waris Korban Meninggal Kecelakaan Bekasi Barat

Mengenai temuan KNKT yang menyebut bahwa kecelakaan di Jalan Sultan Agung, Bekasi Barat, Kota Bekasi, Jawa Barat, tersebut juga akibat kelebihan muatan, Hengki menyebut belum ada laporan soal itu.

”Anda boleh tanya KNKT, saya tidak mengatakan ada overload karena saya belum ada laporannya. Masih ada pemeriksaan lain,” ucapnya.

Adapun terkait dorongan sejumlah pihak untuk memeriksa perusahaan tempat AS bekerja, Hengki menjawab bahwa polisi, masih melakukan penyelidikan.

Dia tidak menjelaskan secara detail terkait penyelidikan dimaksud.

Sementara, Direktur Lalu Lintas (Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman yang kembali dikonfirmasi pada Jumat mengatakan, AS sudah ditahan karena terbukti sebagai tersangka.

”Ia dikenai Pasal 310 Ayat (4) (Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan,” kata Latif saat dihubungi Kompas.

Saat ini, pemeriksaan masih dilakukan oleh Polres Kota Bekasi. Dirlantas Polda Metro Jaya juga masih menunggu hasil pemeriksaannya.




Sumber : Kompas.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x