Kompas TV nasional peristiwa

Tebak-tebakan Baju Adat yang Dipakai Jokowi pada HUT ke-77 RI

Kompas.tv - 15 Agustus 2022, 13:33 WIB
tebak-tebakan-baju-adat-yang-dipakai-jokowi-pada-hut-ke-77-ri
Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato kemerdekaan dalam rangka Hut Ke-76 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada sidang tahunan MPR dan sidang bersama DPR-DPD, Jakarta, Senin (16/8/2021). (Sumber: AGUS SUPARTO FOTOGRAFER JOKOWI)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo akan kembali mengenakan baju adat di perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia, Rabu (17/8/22) besok. 

Melalui akun Instagramnya @jokowi, Senin (15/8/22), Jokowi mengunggah video ilustrasi yang menampilkan dirinya mengenakan baju adat pada perayaan HUT RI tahun-tahun sebelumnya. 

"Apakah baju adat yang akan dikenakan Presiden Jokowi saat HUR RI ke-77?" tulis Jokowi pada video tersebut. 

Baca Juga: [FULL] Pernyataan Jokowi usai Terima Penghargaan IRRI karena Swasembada Beras: Terima Kasih Petani!

Video tersebut menampilkan pada 2019, Jokowi mengenakan pakaian adat dari Bali. Lalu, pada 2020, Jokowi mengenakan pakaian adat dari Nusa Tenggara Timur. Kemudian tahun lalu, Jokowi memakai pakaian adat dari Lampung.

Video tersebut kemudian menampilkan ilustrasi sosok Jokowi untuk perayaan HUT RI ke-77 besok dengan pakaian baju adat yang masih dikosongkan. 

"Selamat pagi. Puncak peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI tinggal dua hari lagi. Seperti tahun-tahun yang lalu, saya dan Ibu Negara akan datang ke upacara dengan busana adat daerah," tulis Jokowi pada unggahannya. 

Jokowi belum memberi tahu baju adat daerah mana yang akan dia kenakan pada HUT ke-77 RI Rabu besok. 

"Pilihannya sungguh banyak, sebanyak jumlah suku di Nusantara," sambung Jokowi. 

Baca Juga: Pemprov DKI Bagikan 10 Juta Bendera Merah Putih Tuk Meriahkan HUT Ke-77 RI

Upacara HUT ke-77 RI tahun ini akan digelar di Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu, 17 Agustus 2022.

Sebagaimana diketahui, mengenakan busana adat memang telah menjadi kebiasaan Presiden Jokowi saat menjadi inspektur upacara HUT RI setiap tahunnya.

Selain dalam kesempatan tersebut, Presiden juga mengenakan pakaian adat untuk menghadiri sidang tahunan MPR menjelang 17 Agustus.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x