Kompas TV video vod

[FULL] Pernyataan Jokowi usai Terima Penghargaan IRRI karena Swasembada Beras: Terima Kasih Petani!

Minggu, 14 Agustus 2022 | 22:25 WIB

Penulis : Ikbal Maulana

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah Indonesia menerima penghargaan dunia dari Internasional Rice Research Institute (IRRI) karena telah berhasil melakukan swasembada beras pada periode 2019-2022.

Presiden Joko Widodo mengatakan keberhasilan ini karena kerja keras petani dan sejumlah pihak, termasuk buah dari pembangunan infrastruktur di bidang pertanian sejak tahun 2015.

“saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya utamanya pelaku real pekerja di sawah petani Indonesia,” kata Jokowi.

“salah satu infrastrujtur yang kita bangun sejak 2015 adalag infrastruktur di bidang pertanian.. inilah yang menyebabkan hari ini diberikan kepada kita sebuah sertifikat bahwa indonesia dinilai memiliki sistem ketahanan pangan yang baik dan sudah swasembada pangan,” tambahnya.

Baca Juga: IRRI Sarankan Indonesia Ekspor Beras, Syahrul: Periksa Dulu Stok Nasional

Presiden menyebut sejak tahun 2015 pemerintah telah berfokus untuk membangun infrastruktur di bidang pertanian dengan membangun bendungan, embung hingga jaringan irigasi.

Hal tersebut didukung dengan pemanfaatan varietas unggul padi, sehingga membuat pemerintah berhasil meningkatkan hasil produksi beras di tanah air.

Bahkan sejak tahun 2019, Indonesia tidak melakukan impor beras.

Hal ini membawa Indonesia mendapatkan penghargaan dari Internasional Rice Research Institute karena telah memiliki sistem ketahanan pangan yang baik dan berhasil swasembada pangan.

Video Editor: Vila Randita


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x