Kompas TV nasional peristiwa

Kala Mobil Karnaval Terbakar di Jakarnaval 2022 Akibat Percikan Kembang Api, Acara Tetap Meriah

Kompas.tv - 15 Agustus 2022, 05:45 WIB
kala-mobil-karnaval-terbakar-di-jakarnaval-2022-akibat-percikan-kembang-api-acara-tetap-meriah
Salah satu mobil karnaval yang terbakar saat Jakarnaval 2022 di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, Minggu (14/8/2022) malam. (Sumber: Kompas.com/Muhammad Naufal)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Salah satu mobil karnaval pada acara Jakarnaval 2022 di Jakarta Internatioanl E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, terbakar pada Minggu (14/8/22) malam. 

Mengutip Kompas.com, kebakaran terjadi sekitar pukul 18.30 WIB. 

"Itu kebakaran sedikit saja, ada insiden sedikit, tidak masalah," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria kepada awak media, Minggu.

Baca Juga: Mobil Hias Parade Jakarnaval Terbakar: Sebelum Kejadian, Sempat Ada yang Nyalakan Petasan

Proses pemadaman kemudian dilakukan oleh petugas pemadam kebakaran dengan cepat dan sigap. Dalam waktu 10 menit, api di mobil karnaval tersebut berhasil dipadamkan. 

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta Andhika Permata mengatakan kebakaran terjadi karena percikan api dari kembang api yang sebelumnya dinyalakan dan jatuh ke ornamen di mobil karnaval.

"Ini adalah bentuk kreativitas dari anak-anak dalam setiap gimmick setiap karya. Di mobil hias tersebut ada semacam percikan api (dari) kembang api," ujar Andhika dalam kesempatan yang sama. 

"Nah ini (percikan api) mungkin yang mengakibatkan hal tersebut (kebakaran) terjadi," sambung dia.

Andhika memastikan bahwa pihaknya telah memitigasi jika ada hal-hal tak diinginkan terjadi.

Disparekraf DKI, kata dia, telah menyiagakan petugas pemadam kebakaran, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Dinas Kesehatan pada acara ini.

"Semua treatment, standard operating procedure (SOP), sebuah penyelenggaraan event sudah kami lakukan," sebut Andhika.

Baca Juga: Puncak Jakarnaval 2022 Digelar di Sirkuit Formula E, Ini Alasan Pemprov DKI Jakarta

Sebagai informasi, malam puncak Jakarnaval 2022 kemarin dimeriahkan oleh sederet artis, yakni Armada Band, Lyodra, dan Juicy Luicy.

Rangkaian acara Jakarnaval 2022 juga dimeriahkan parade kendaraan hias, drama musikal, marching band, dan penampilan komunitas pegiat seni budaya.
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x