Kompas TV nasional peristiwa

Dicopot dari Kadiv Propam, Ini Tugas Baru Ferdy Sambo sebagai Pati Yanma Polri

Kompas.tv - 5 Agustus 2022, 09:11 WIB
dicopot-dari-kadiv-propam-ini-tugas-baru-ferdy-sambo-sebagai-pati-yanma-polri
Irjen Pol Ferdy Sambo (Sumber: Dok. Divisi Humas Mabes Polri)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memutuskan mencopot Irjen Ferdy Sambo dari jabatan Kadiv Propam Polri. Kini, jenderal bintang dua itu dimutasikan ke bagian pelayanan markas (Yanma) Polri. 

Hal itu tertuang dalam telegram rahasia (TR) bernomor ST/1628/VIII/KEP./2022 tertanggal 4 Agustus 2022. 

Lulusan Akademi Kepolisian tahun 1994 itu dimutasi ke Divisi Yanma Polri bersama dua perwira tinggi (Pati) lainnya, yaitu Brigjen Hendra Kurniawan yang dicopot dari jabatan Karo Paminal Div Propam Polri dan Brigjen Benny Ali yang dicopot dari jabatan Karo Provos Div Propam Polri. 

Baca Juga: Keluarga Brigadir Yoshua Minta Istri Ferdy Sambo Beri Keterangan Jujur

Kebijakan itu dikeluarkan Kapolri agar pengusutan dugaan pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J bisa lebih fokus dan objektif. 

"Para pati, pamen, dan pama Polri tersebut segera melaksanakan tugas yang baru tempat ditetapkan keputusan mutasi," seperti tertulis dalam TR Kapolri, Kamis (4/8/2022).

Lalu, apa tugas baru Irjen Ferdy Sambo sebagai Pati Yanma Polri? 

Yanma Polri adalah unsur pelayanan yang bertugas menyelenggarakan fungsi pembinaan dan pelayanan umum dan urusan dalam di lingkungan Mabes Polri, khususnya menyangkut fasilitas markas. 


 

Yanma Polri berada pada tingkat Mabes Polri dan berada di bawah Kapolri. Sedangkan pada tingkat Kepolisan Daerah disebut Yanma Polda

Dalam melaksanakan tugas, Yanma Polri menyelenggarakan fungsi, yaitu pemberian bimbingan dan arahan teknis pelaksanaan pelayanan markas atau kantor kepada penyelenggara urusan dalam pada semua satuan kerja (satker) di lingkungan kepolisian.

Selanjutnya, memberikan pembinaan, pengadministrasian, perencanaan program dan anggaran, pelayanan tata usaha dan materiil di lingkungan Yanma Polri serta pengaturan perumahan di lingkungan Polri.

Baca Juga: TR Kapolri: Irjen Ferdy Sambo Dimutasi ke Yanma, Kadiv Propam Baru Dijabat Irjen Syahardiantono

Selain itu, pelayanan markas yang bersifat umum, seperti pelayanan angkutan personel; pemeliharaan dan perbaikan sarana angkutan; pemeliharaan fasilitas umum perkantoran; dan pembinaan Korps Musik Polri.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x