Kompas TV nasional budaya

Tradisi Unik Malam 1 Suro di Masyarakat Jawa, Salah Satunya Tapa Bisu

Kompas.tv - 29 Juli 2022, 16:56 WIB
tradisi-unik-malam-1-suro-di-masyarakat-jawa-salah-satunya-tapa-bisu

Foto ilustrasi. Masyarakat di sejumlah daerah di Jawa menggelar berbagai tradisi dalam memperingati malam satu Suro. (Sumber: Tribunnews.com)

Penulis : Dian Septina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tahun ini, malam 1 Suro atau 1 Muharam 1444 Hijriah jatuh pada 30 Juli 2022. Masyarakat Jawa menyebut Tahun Baru Islam atau 1 Muharram dengan istilah 1 Suro.

Melansir Kompas.com, Jumat (21/8/2021), akulturasi dengan budaya daerah menciptakan tradisi unik di sejumlah daerah untuk merayakan pergantian tahun tersebut.

Masyarakat di sejumlah daerah di Jawa menggelar berbagai tradisi dalam memperingati malam satu Suro.

Berikut lima tradisi peringatan 1 Suro yang dilakukan masyarakat Jawa:

1. Pawai obor

Pawai obor merupakan salah satu tradisi satu suro yang diikuti oleh masyarakat dari berbagai kalangan usia. Mulai dari anak-anak hinga sesepuh di tempat tradisi itu berlangsung.

Dalam ritual ini, orang-orang akan berjalan mengelilingi lingkungan tempat mereka tinggal sambil membawa obor.

Biasanya, pawai obor dilakukan usai salat Isya. Masyarakat yang berpartisipasi ini akan berkumpul di lapangan sebelum memulai pawai.

Ramainya tradisi ini biasanya akan menarik perhatian warga untuk menonton dari pinggir jalan.

2. Sedekah laut

Warga di sekitar Pantai Baron dan Pantai Kukup, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta kerap melakukan tradisi sedekah laut saat Bulan Suro tiba.

Tradisi akan dimulai dengan kenduri dan diikuti warga yang mencari rezeki di sekitar pantai, dilansir Kompas.com, Senin (10/9/2018).

Usai kegiatan tersebut, makanan dan gunungan yang berisi hasil bumi akan dibawa warga yang menggunakan pakaian tradisional untuk dilarung di lautan.

Setibanya di tepi pantai, sesepuh atau orang yang dituakan oleh warga setempat akan membuka ritual sedekah laut dengan doa.

Baca Juga: Tahun Baru Islam 2022 Jatuh pada Tanggal Berapa? Ini Penjelasan Kemenag



Sumber : Kompas TV, Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x