Kompas TV nasional kesehatan

Jangan Sembarangan Pakai Kloroform, Obat Bius Ini Ternyata untuk Hewan

Kompas.tv - 27 Juli 2022, 16:44 WIB
jangan-sembarangan-pakai-kloroform-obat-bius-ini-ternyata-untuk-hewan
Hugo, badak bercula satu menjalani operasi mata dengan obat bius dosis besar di Kebun Binatang Whipsnade. (Sumber: Facebook/ZSL Whispnade Zoo)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Purwanto

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Beberapa waktu terakhir viral di media sosial obat bius kloroform dijual di situs jual beli online. Ahli farmasi UGM Endang Lukitaningsih merespons dengan menjelaskan seluk beluk kloroform.

Menurut Endang, kloroform merupakan senyawa yang berfungsi untuk menurunkan kesadaran yang bekerja dengan menekan sistem saraf pusat secara cepat. Senyawa ini bersifat apolar atau bisa menembus ke sistem saraf pusat.

 “Senyawa ini mudah menguap dan kalau terhirup bisa membuat tidak sadar,” ujarnya, Rabu (27/7/2022).

Dosen Fakultas Farmasi UGM ini mengatakan obat bius chloroform ini biasa digunakan untuk membius hewan percobaan di laboratorium. 

Baca Juga: Gunakan Minyak Wangi untuk Coba Bius dan Memperkosa, Korban Malah Bangun dan Teriak

“Sementara obat bius ini tidak lagi diberikan kepada manusia oleh tenaga kesehatan karena menimbulkan efek samping bagi tubuh dan masuk dalam golongan bahan beracun,” ucapnya.

Ia menyebutkan kloroform yang mengering saat praktikum bisa terasa di tenggorokan. Selain itu jika terkena mata akan mengakibatkan mata kering dan gangguan kerja paru-paru serta saluran pernafasan karena iritasi dari senyawa ini.

 “Untuk manusia sudah jarang diberikan karena sifatnya yang mudah mengiritasi tubuh,” tuturnya.

Baca Juga: Wow, Badak Ini Perlu Dibius dengan Dosis yang Dapat Bunuh 14 Orang saat Matanya Dioperasi

Kloroform juga biasa dipakai sebagai pelarut oleh para peneliti. Senyawa ini memiliki karakteristik yang hampir sama dengan alkohol yang mudah menguap, tetapi memiliki efek bius atau menurunkan kesadaran dengan cepat. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x