Kompas TV internasional kompas dunia

Wow, Badak Ini Perlu Dibius dengan Dosis yang Dapat Bunuh 14 Orang saat Matanya Dioperasi

Sabtu, 25 September 2021 | 18:59 WIB
wow-badak-ini-perlu-dibius-dengan-dosis-yang-dapat-bunuh-14-orang-saat-matanya-dioperasi
Hugo, badak bercula satu menjalani operasi mata dengan obat bius dosis besar di Kebun Binatang Whipsnade. (Sumber: Facebook/ZSL Whispnade Zoo)

DUNSTABLE, KOMPAS.TV - Seekor badak bercula satu di Kebun Binatang Whipsnade, Inggris menjalani operasi mata. Selama menjalani operasi, badak ini perlu dibius dengan dosis yang dapat membunuh hingga 14 orang dewasa.

Awalnya, penjaga ZSL Whipsnade Zoo melihat badak bernama Hugo ini kerap menabrak kayu dan benda-benda lain di padang rumput kebun binatang itu.

Pihak kebun binatang kemudian memeriksa mata Hugo. Hasilnya, lensa mata kanan badak berusia 19 tahun itu terlihat keruh, sehingga kemampuan melihatnya menurun drastis.

Dokter hewan Kebun Binatang Whipsnade pun memanggil seorang dokter spesialis mata hewan bernama Claudia Hartley untuk melakukan operasi katarak pada Hugo.

Baca Juga: Kampanye Anti Perdagangan Satwa Ilegal, India Bakar Cula Badak saat World Rhino Day

Sebelum operasi, pihak kebun binatang memberi Hugo obat bius lewat panah. Pihak kebun binatang memerlukan obat bius dengan dosis besar.

Masalahnya, Hugo tertidur di bagian pojok kandangnya dengan tubuh bagian kanannya berada di bawah. Padahal, dokter akan melakukan operasi di sisi kanan.

Itu artinya, penjaga kebun binatang dan dokter hewan harus memindahkan hewan seberat lebih dari satu setengah ton ini agar memudahkan operasi

“Setiap penjaga di sana membantu menariknya. Keluar dari sudut dan membalikkan tubuhnya ke sisi kirinya,” tutur Dr Fieke Molenaar, dokter hewan senior di kebun binatang itu, dilansir dari situs Whipsnade Zoo.

“Setelah itu, kami harus dengan hati-hati mengangkat dan memosisikan kepalanya, yang dengan sendirinya sangat berat, sehingga berada di tempat dan sudut yang tepat untuk mikroskop,” imbuhnya.

Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Vyara Lestari

Sumber : Whipsnade Zoo


BERITA LAINNYA


JALAN - JALAN

Wisata Alam Indonesia - JALAN JALAN

Minggu, 17 Oktober 2021 | 12:50 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
13:19
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19