Kompas TV nasional peristiwa

Pilot Pesawat Golden Eagle TNI AU yang Jatuh di Blora Dipastikan Tewas

Kompas.tv - 19 Juli 2022, 09:00 WIB
pilot-pesawat-golden-eagle-tni-au-yang-jatuh-di-blora-dipastikan-tewas
Salah satu benda yang diduga puing pesawat jatuh di Blora, Jawa Tengah, Senin (18/7/2022). (Sumber: Kompas.com/Istimewa)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS. TV - Pilot pesawat TNI Angkatan Udara T-50i Golden Eagle yang jatuh du Blora Jawa Tengah, Senin (18/7/2022) kemarin, dipastikan gugur. Pilot tersebut adalah Lettu Pnb Allan Safitra Indra Wahyudi,

Kabar gugurnya Lettu Pnb Allan disampaikan Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah dalam keterangan pers di Magetan, Selasa, (19/7/2022).

Dia mengatakan Lettu Pnb Allan merupakan perwira penerbang lulusan Akademi Angkatan Udara Tahun 2015 dann Sekolah Penerbang TNI AU tahun 2017.

Baca Juga: Petugas Masih Lakukan olah TKP Jatuhnya Pesawat Tempur T-50i Golden Eagle di Blora

Almarhum meninggalkan seorang istri dan anak yang masih balita.


 

“Kejadian ini menyisakan duka sangat mendalam,” ujar Marsma Indan Gilang Buldansyah yang dilansir Antara.

Lettu Pnb Allan Safitra Indra Wahyudi, S.T. (Han) mengalami kecelakaan dan jatuh saat menjalani latihan terbang malam pada hari Senin (18/7/2022).

Baca Juga: Petugas Gelar Olah TKP di Lokasi Jatuhnya Pesawat Latih TNI AU, Polisi: Dimungkinkan Ada Korban Jiwa

Pesawat bernomor ekor TT-5009 yang diterbangkannya lakukan kontak radio terakhir pada pukul 19.25 WIB, kemudian dilaporkan jatuh.

Puing reruntuhan pesawat ditemukan oleh warga dan aparat kewilayahan Blora di area hutan setempat.

Tim SAR Lanud Iswahjudi telah diberangkatkan ke lokasi jatuhnya pesawat. Hingga saat ini tim masih melakukan evakuasi dan pengamanan lokasi.

Baca Juga: TNI AU Konfirmasi Pesawat Tempur Latih T-50i Golden Eagle Jatuh saat Latihan

 Pesawat yang jatuh di Desa Nginggil, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora, Senin (18/7/2022), merupakan pesawat latih tempur TNI.

Dalam rekaman yang diterima Kompas TV, tampak serpihan pesawat yang sudah hancur. Selain itu, tampak bagian ekor dan roda pesawat.

Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) TNI AU Marsma Indan Gilang menyatakan, tim dari Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Iswahyudi langsung menuju lokasi kejadian.

"Jadi perlu kami sampaikan bahwa ada satu pesawat T50 dari Skadron Udara 15 dengan nomor registrasi T5009, airborne dari Lanud Iswahyudi jam 18.24 WIB untuk misi terbang malam," ujarnya dalam Kompas Malam Kompas TV, Senin.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x