Kompas TV regional peristiwa

TNI AU Konfirmasi Pesawat Tempur Latih T-50i Golden Eagle Jatuh saat Latihan

Kompas.tv - 18 Juli 2022, 23:29 WIB
tni-au-konfirmasi-pesawat-tempur-latih-t-50i-golden-eagle-jatuh-saat-latihan
Rekaman yang diterima Kompas TV terkait visual salah satu bagian pesawat yang jatuh di Desa Nginggil, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora, Senin (18/7/2022) (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Edy A. Putra

 

BLORA, KOMPAS.TV - Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Dispenau) mengonfirmasi jatuhnya pesawat tempur T-50i Golden Eagle. Sebelumnya diberitakan tentang penemuan puing-puing pesawat di Desa Nginggil, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora, Senin (18/7/2022).

Dalam keterangannya, Dispenau mengatakan pesawat tempur Skadron Udara 15 dari Lanud Iswahjudi, Madiun tersebut diawaki satu penerbang dan sedang dalam latihan "Night Tactical Intercept".

"Pesawat tail number TT-5009 take off dari Lanud Iswahjudi pukul 18.24 WIB untuk melakukan latihan terbang malam. Selanjutnya pukul 19.25 WIB, pilot masih melakukan kontak dengan flight director, namun setelah itu posisi pesawat tidak dapat dikontak," jelas Dispenau dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas TV.


Baca Juga: TERBARU - Pesawat Latih Tempur TNI Jatuh di Blora Saat Latihan Terbang Malam

Pihak TNI AU menyatakan menerima informasi jatuhnya pesawat dari aparat kewilayahan dan masyarakat Nginggil, Kecamatan Kradenan, Blora.

Laporan yang masuk adalah konfirmasi penemuan serpihan logam di lokasi yang diduga menjadi lokasi jatuhnya pesawat T-50i Golden Eagle.

"Untuk mengamankan dan evakuasi, malam ini satu Tim dari Lanud Iswahjudi, langsung bergerak menuju lokasi," kata Dispenau.

Diberitakan sebelumnya pesawat tempur latih TNI AU hilang kontak pada Senin pukul 19.28 WIB. Pesawat tersebut sedang dalam misi terbang malam.

Kepala Kepolisian Sektor Kradenan Ajun Komisaris Polisi (AKP) Lilik Eko Sukaryono mengonfirmasi adanya kabar pesawat jatuh di wilayahnya, Senin.

Baca Juga: BREAKING NEWS - Pesawat Latih Tempur Milik TNI AU Jatuh di Blora, Warga Temukan Puing-puing Pesawat!

Pesawat tersebut dilaporkan jatuh di Desa Nginggil, Kecamatan Kradenan, Blora, Jawa Tengah.

"Iya benar diketemukan di wilayah Desa Nginggil," tuturnya, Senin, dikutip dari Kompas.com.

Lilik mengatakan, mendapatkan laporan temuan puing-puing pesawat yang berada di sekitar lokasi kejadian.

"Puing-puing pesawat," kata dia.

Meski demikian, pihaknya belum bisa memastikan secara detail jenis pesawat dan waktu kejadian terkait peristiwa tersebut.

"Nanti saya kabari lagi. Ini saya menuju ke lokasi," kata dia.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x