Kompas TV nasional peristiwa

Banjir Hari Ini, BNPB Imbau Warga Jakarta dan Tangerang Waspada Imbas di Bogor

Kompas.tv - 16 Juli 2022, 12:05 WIB
banjir-hari-ini-bnpb-imbau-warga-jakarta-dan-tangerang-waspada-imbas-di-bogor
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau warga di wilayah Jakarta dan Tangerang untuk waspada pada imbas banjir di wilayah Bogor. (Sumber: BNPB)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau warga di wilayah Jakarta dan Tangerang untuk waspada pada imbas banjir di wilayah Bogor.

BNPB melalui Plt Kepala Pusat data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan, Abdul Muhari, menyampaikan imbauan itu.

Melalui keterangan tertulis, Sabtu (16/7/2022), Muhari menjelaskan, wilayah Bogor sudah mengalami banjir, maka wilayah lain seperti Jakarta khususnya di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciliwung dan wilayah Banten, meningkatkan kesiagaan, khususnya Lebak dan Tangerang.

Menurutnya, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Banten, Nana melaporkan banjir di Kabupaten Bogor secara otomatis akan berdampak langsung kepada wilayah Lebak dan Tangerang.

Baca Juga: Ada 19 Titik Banjir di Kota Tangerang, Wali Kota: Kondisi Darurat Hubungi 112

Nana, ungkap Muhairi, meminta dukungan dan bantuan logistik dan khususnya peralatan, mengingat stok milik BPBD Banten kosong.

"Siap, yang jelas karena Bogor banjir, akan berdampak langsung ke Banten, yaitu Lebak dan Wilayah Tangerang,” kata Abdul Muhairi menirukan pesan singkat yang dikirimkan Nana.

Muhari juga mengutip peringatan dini yang dilansir Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), bahwa hujan dengan intensitas ringan hingga sedang masih berpotensi terjadi di wilayah Jabodetabek hingga Sabtu (16/7) malam nanti.

BMKG juga mengeluarkan informasi peringatan dini yang menyatakan bahwa hujan yang dapat disertai petir serta angin kencang berpotensi terjadi di Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada siang dan sore hari.

“Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang di Jakbar, Jaksel dan Jaktim pada siang dan sore hari,” jelasnya mengutip keterangan BMKG.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x