Kompas TV nasional berita utama

Mendag Zulhas Klaim Harga Pangan Mulai Stabil Terjangkau Masyarakat

Kompas.tv - 12 Juli 2022, 15:21 WIB
mendag-zulhas-klaim-harga-pangan-mulai-stabil-terjangkau-masyarakat
Ketua Umum PAN dan juga Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Sumber: AP Photo/Achmad Ibrahim)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Purwanto

 

JAKARTA, KOMPAS. TV – Menteri Perdagangan (Mendag)  Zulkifli Hasan mengkalim harga-harga pangan sudah mulai stabil. Menurutnya kini ketersediaan pangan sudah mulai terjangkau masyarakat.

“Terkait ketersediaan pangan terjangkau, khususnya minyak goreng, memang harganya sempat tinggi. Namun sekarang mulai turun dan terkendali di pasaran salah satunya disini," kata Zulhas di Bandarlampung, Selasa (12/7/2022).

Dia pun menyatakan akan berupaya menjaga stabilitas harga pangan, dan ketersediaan pasokan bagi masyarakat.

"Akan dilakukan upaya untuk menjaga stabilitas pangan ini, agar bisa membantu masyarakat," tambahnya.
 

Baca Juga: Zulhas Bawa Anak Bagi-bagi Minyak, Jokowi Minta Fokus Kerja Turunkan Harga

Berrdasarkan data dari laman Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok Kementerian Perdagangan yang dihimpun Antara  pada Senin (11/7), ada sejumlah bahan pokok di Lampung yang mengalami kenaikan seperti minyak goreng kemasan sederhana dari Rp21.300 per liter naik ke harga Rp22.300 per liter.

Selanjutnya, komoditi cabai merah besar dari Rp87.700 per kilogram naik menjadi Rp112.300 per kilogram, cabai merah keriting dari Rp92.200 per kilogram naik menjadi Rp110.800 per kilogram, cabai rawit merah dari Rp88.700 per kilogram jadi Rp103.300 per kilogram.

Lalu yang mulai mengalami kenaikan harga adalah gula pasir dimana ada peningkatan dari Rp14.100 per kilogram menjadi Rp14.200 per kilogram, dan bawang putih dari Rp19.800 per kilogram menjadi Rp20.300 per kilogram.

Baca Juga: Kemendag Resmi Luncurkan "MinyaKita" Rp14.000/Liter, Zulhas Sebut Lebih Mudah Sampai Maluku-Papua

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan kepada Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan untuk fokus bekerja.

Pernyataan itu ditegaskan Presiden Jokowi saat merespons pertanyaan tentang Mendag Zulkifli Hasan yang mengkampanyekan untuk memilih anaknya saat kunjungan kerjanya ke pasar.

“Saya minta semua menteri fokus bekerja,” kata Presiden Jokowi menyampaikan saat mengunjungi Pasar Sukamandi, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Selasa (12/7/2022).

“Kalau Menteri Perdagangan ya urus yang paling penting seperti yang saya tugaskan kemarin bagaimana menurunkan harga minyak goreng berada di Rp14000 atau di bawah Rp14.000 paling penting itu, tugas dari saya itu,” kata Jokowi.

Baca Juga: Cak Imin Desak Zulhas segera Stabilkan Harga Pangan Jelang Iduladha

Dalam penegasannya, Presiden Jokowi pun menitikberatkan kepada Menteri Kabinet Indonesia Maju yang berkaitan dengan energi dan pangan untuk benar-benar fokus bekerja.

Sebab saat ini, sambung Presiden Jokowi, dunia tengah terdisrupsi di bidang energi dan pangan sehingga perlu konsentrasi dan jangan sampai terpeleset.

“Jadi, ke pasar-pasar adalah, dalam rangka mengecek, saya pun juga sama, ke pasar mengecek minyak goreng. Utamanya ini yang kita cek itu minyak curah. Jangan sekali-kali lari ke minyak kemasan yang premium, yang kita cek adalah minyak goreng curah agar harganya di angka Rp14.000 atau di bawahnya,” ujarnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x