Kompas TV nasional sosial

Katedral Sumbang Sapi Kurban ke Istiqlal, Pengelola Masjid: Ini Tradisi Baik yang Berkesinambungan

Kompas.tv - 10 Juli 2022, 17:27 WIB
katedral-sumbang-sapi-kurban-ke-istiqlal-pengelola-masjid-ini-tradisi-baik-yang-berkesinambungan
Sapi kurban yang diserahkan Gereja Katedral Jakarta kepada pengurus Masjid Istiqlal, Sabtu (9/7/2022). (Sumber: Dok. Humas Gereja Katedral Jakarta)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gereja Katedral ikut berkurban dengan menyumbang sapi ke Masjid Istiqlal di hari raya Iduladha 1443 H.

Humas Gereja Katedral dan Keuskupan Agung Katedral Jakarta Susyana Suwadie menyatakan, penyerahan hewan kurban tersebut dilakukan pada Sabtu (9/7/2022) oleh Kepala Paroki Gereja Katedral Jakarta Romo A. Hani Rudi Hartoko.

Hewan kurban tersebut diterima KH Buchori Sail Assatiri selaku Kepala Bidang Penyelenggaraan Peribadatan Badan Pengelola Masjid Istiqlal dan anggota Panitia Pengadaan Hewan Kurban, Abdullah Efendi.

"Penyerahan sapi kurban untuk Masjid Istiqlal sebagai bela rasa dan kepedulian terhadap sesama dan saudara," ujar Susyana Suwadie dalam keterangan tertulisnya, Minggu (10/7/2022).

Baca Juga: Presiden Jokowi Serahkan Sapi Kurban ke Istiqlal, Jenis Simental Beratnya 1,2 Ton!

Di kesempatan yang sama, Buchori menyatakan terima kasih atas sumbangan hewan kurban yang akan dibagikan kepada masyarkat.

Buchori menjelaskan, sumbangan hewan kurban dari Gereja Katedral ini bukanlah yang pertama kali, melainkan sudah menjadi tradisi setiap Iduladha.

"Kami segenap keluarga Masjid Istiqlal berterima kasih atas sumbangan sapi, insya Allah bermanfaat bagi kita semua, ini merupakan tradisi baik kita yang berkesinambung. Masyarakat juga perlu tahu kita ini punya relasi yang sangat baik," ujar Buchori.

Baca Juga: Anies Serahkan Sapi Kurban Bernomor 024, Ada Hubungannya dengan Pilpres 2024?

Terpisah, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mengatakan pihak Istiqlal tidak mengadakan pembagian daging kurban dengan sistem antrean untuk masyarakat umum seperti yang dilakukan sebelum pandemi Covid-19.

"Jadi di sini enggak ada pembagian (daging kurban) ngantre daging," ujar Nasaruddin saat ditemui di Masjid Istiqlal, Minggu, dikutip dari Kompas.com.

Daging hewan kurban yang disembelih di Masjid Istiqlal nantinya dibagikan kepada karyawan dan petugas di lingkungan masjid saja. 

Baca Juga: Resep Rawon Empuk Khas Surabaya, Alternatif Olahan Daging Sapi Iduladha 1443 Hijriah

Sisanya, hewan kurban yang sudah diterima oleh Masjid Istiqlal akan disalurkan ke masjid-masjid lain yang sudah didata sebelumnya. 

Nasaruddin mengatakan, hingga 10 Juli 2022, Masjid Istiqlal menerima hewan kurban sebanyak 32 ekor sapi dan 16 kambing.

"Nanti hewan-hewan itu kita akan salurkan ke masjid yang sudah didata, mana yang paling tepat untuk kita berikan," ujarnya.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x