Kompas TV nasional berita utama

Pakar Hukum Internasional Sebut Aksi Walk Out Menlu Rusia di G20 Bisa Dipahami, Ini Alasannya

Kompas.tv - 9 Juli 2022, 22:00 WIB
pakar-hukum-internasional-sebut-aksi-walk-out-menlu-rusia-di-g20-bisa-dipahami-ini-alasannya
Pakar Hukum Internasional dan Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani Prof. Hikmahanto Juwana. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS. TV – Pakar Hukum Internasional Hikmahanto Juwana menilai sikap Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergey Lavrov walk out dalam pertemuan para menlu anggota negara anggota G20, bisa dipahami.

Sebab, para peserta pertemuan tersebut lebih memilih mengkritik operasi militer Rusia di Ukraina, ketimbang membahas apa yang tengah disampaikan Indonesia.

“Terkait dengan walk out ini bisa dipahami, karena Rusia  merasa negara-negara Barat peserta pertemuan, tidak fokus membahas apa yang disampaikan Indonesia, tetapi malah mengkritik serangan operasi militer khusus Rusia,” ujar Hikmahanto dalam video yang diterima KOMPAS.TV, Sabtu (9/7/2022).

Dia menyatakan, kritikan-kritikan yang datang tersebut tentu membuat Sergey Lavrov tidak nyaman sehingga memutuskan untuk walk out.

Baca Juga: Alasan Menlu Rusia "Walk Out" dalam Forum G20

“Tentu sulit dikatakan apa yang dilakukan (Sergey Lavrov) salah, karena situasi yang membuat tidak nyaman,” papar Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani ini.

Di sisi lain, menurut Hikmahanto, negara-negara Barat yang hadir di forum G20 sepertinya memang sudah menyiapkan kritikan langsung yang ditujukan bagi Menlu Rusia itu.

“Negara Barat tidak mungkin tidak mengkritik serangan yang dilakukan Rusia dalam bentuk operasi militer khusus. Para menlu akan kritik langsung di depan Menlu Rusia,” ujarnya.

Baca Juga: Ukraina Disebut Bisa Berikan Pukulan Telak ke Rusia, asal Tempat Ini Jadi Target Serangan




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x