Kompas TV nasional agama

Jokowi dan Ma ruf Amin Sumbang Sapi Kurban untuk PP Muhammadiyah, Masing-masing Bobotnya 1 Ton

Kompas.tv - 9 Juli 2022, 11:19 WIB
jokowi-dan-ma-ruf-amin-sumbang-sapi-kurban-untuk-pp-muhammadiyah-masing-masing-bobotnya-1-ton

Sapi kurban milik Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbobot hampir 1 ton dibeli presiden untuk dikurbankan di Hari Raya Idul Adha 1443 H. Untuk PP Muhammadiyah, Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin sumbang sapi masing-masing berbobot 1 ton (Sumber: KOMPAS TV)

Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin di Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah yang digelar PP Muhammadiyah hari ini, Sabtu (9/7/2022) menyumbangkan masing-masing 1 sapi kurban seberat 1 ton. 

Hal itu diungkap oleh Humas dan Protokol Sekretariat PP Muhammadiyah, Zainal Abidin, mengatakan sudah menerima sembilan ekor sapi beserta empat ekor kambing. 

Di antara kurban itu, menurut Zainal, berasal dari kurban yang diberikan oleh Presiden dan Wapres.

"Kami menerima titipan pertama dari Presiden Jokowi Widodo berat sekitar satu ton, kemudian dari Wapres beratnya sama satu ton," kata Zainal di Kantor Pusat Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat dikutip Antara, Sabtu (9/7).

"Beliau memberikan hewan terbaik untuk kurban," imbuhnya. 

Baca Juga: Salat Iduladha Digelar di Sejumlah Titik di Jakarta dan Makassar Hari Ini, Jemaah Membeludak

Dipotong di RPH

Zainal mengatakan penyembelihan hewan kurban dilakukan di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) yang berada di Jakarta Selatan tepatnya di Kebayoran Lama.

Selain dari Presiden dan Wakil Presiden, PP Muhammadiyah juga menerima sumbangan dari BUMD hingga partai politik, seperti PT Transportasi Jakarta (TransJakarta), Bank Syariah Indonesia, Kementerian Dalam Negeri, hingga PDIP.


"Semua hewan kurban itu alhamdulillah sudah dipastikan InsyaAllah kesehatannya bagus dan dapat dikonsumsi serta hewan kurban tersebut sudah disalurkan ke beberapa pengurus daerah dan pengurus wilayah," kata dia.

Adapun Kantor Pusat Dakwah Muhammadiyah telah menggelar Salat Iduladha 1443 H pada Sabtu pukul 06.45 WIB tepatnya di Masjid At-Tanwir.

Baca Juga: Begini Suasana Salat Iduladha di Kantor Pusat PP Muhammadiyah, Jemaah Tumpah Ruah dan Khusyuk

Seperti diketahui, Muhammadiyah berdasarkan metode hisab hakiki wujudul hilal telah menetapkan 10 Zulhijjah 1443 Hijriah atau Hari Raya Idul Adha 2022 jatuh pada Sabtu.

Sementara itu, Pemerintah telah menetapkan 1 Zulhijah pada hari Jumat 1 Juli 2022 dan Iduladha 1443 Hijriah jatuh pada hari Minggu, 10 Juli 2022, melalui Keputusan Menteri Agama Nomor 668 Tahun 2022 tentang Penetapan 1 Zulhijah dan Iduladha 1443 Hijriah.



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x