Kompas TV regional agama

Salat Iduladha Digelar di Sejumlah Titik di Jakarta dan Makassar Hari Ini, Jemaah Membeludak

Kompas.tv - 9 Juli 2022, 08:19 WIB
salat-iduladha-digelar-di-sejumlah-titik-di-jakarta-dan-makassar-hari-ini-jemaah-membeludak
Ribuan warga di Jakarta dan Kota Makassar, Sulawesi Selatan antusias mengikuti salat Iduladha 1443 Hijriyah pada hari ini, Sabtu (9/7/2022). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV – Ribuan warga di Jakarta dan Kota Makassar, Sulawesi Selatan antusias mengikuti salat Iduladha 1443 Hijriyah pada hari ini, Sabtu (9/7/2022).

Berdasarkan pantauan jurnalis Kompas TV, Rangga Indrajana, di Pusat Dakwah Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, persiapan salat Id dilakukan sejak sebelum pukul 06.30 WIB.

Sementara jemaah mulai berdatangan di lokasi sejak pukul 06.00 dan salat Id dimulai pukul 06.45 WIB.

“Jumlah jemaah melebihi kapasitas yang disediakan dan terus berdatangan saat ibadah salat Iduladha berlangsung,” kata Rangga melaporkan.

Meski jumlah jemaah membeludak, protokol kesehatan tetap dilaksanakan dan diterapkan sesuai ketentuan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang saat ini menerapkan PPKM Level 1.


Baca Juga: Ucapan Selamat Iduladha 2022 yang Berkesan dan Lucu Selain "Kurban Perasaan"

Panitia pelaksana salat Iduladha di tempat itu mewajibkan jemaah untuk membawa sajadah sendiri, berwudu dari rumah, dan mengenakan masker.

“Dari pantauan kami, mayoritas sudah mengenakan masker.”

“Dari informasi yang kami terima dari Pusat Dakwah Muhammadiyah, jemaah sudah taat mengikuti protokol kesehatan,” lanjutnya.

Hal yang sama terjadi di lokasi pelaksanaan salat Iduladha di Kota Makassar, tepatnya di Kampus Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar di Jl Sultan Alauddin.

Jurnalis Kompas TV Makassar, Linda Wirawan, menyebut, pelaksanaan salat Id di Kota Makassar dilakukan di beberapa titik.

Berdasarkan pantauannya, warga yang hadir untuk melaksanakan salat di Kampus Unismuh mencapai ribuan orang.

“Sebagian masyarakat muslim di Kota Makassar memilih untuk merayakan Iduladha pada hari ini. Salah satunya di kampus Universitas Muhammadiyah Makassar, di Jl Sultan Alauddin,” tutur Linda dalam Sapa Indonesia Akhir Pekan Kompas TV.

“Antusiasme dapat dilihat dari ribuan jemaah yang mengikuti salat Id pada hari ini.”

Jemaah mulai berdatangan sejak pukul 05.30 WITA, sementara salat Iduladha dilaksanakan pukul 07.20 WITA.

Baca Juga: Sampaikan Pesan Iduladha, Ketua Umum Muhammadiyah Ajak Umat Islam Hidupkan Kembali Semangat Berbagi

Seusai pelaksanaan salat id hari ini, pihak Unismuh akan melakukan penyembelihan hewan kurban, dan dagingnya akan dibagikan kepada masyarakat yang sudah menerima kupon.

Hingga saat ini, lanjut Linda, di Makassar belum ditemukan penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x