Kompas TV nasional peristiwa

Arawinda Viral, Profilnya di Wikipedia Dirusak, Bagaimana Aturan Menyunting Artikel di Wikipedia?

Kompas.tv - 8 Juli 2022, 11:00 WIB
arawinda-viral-profilnya-di-wikipedia-dirusak-bagaimana-aturan-menyunting-artikel-di-wikipedia
Ilustrasi wikipedia. (Sumber: Wikimedia common)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Aktris Indonesia Arawinda menjadi perbincangan warganet lantaran skandalnya dengan laki-laki yang telah berkeluarga terungkap.

Menurut pantauan KOMPAS TV pada Jumat (8/7/2022) kata "Arawinda" masih menjadi trending topic di Twitter dan telah dikicaukan oleh lebih dari 26 ribu kali.

Skandal Arawinda banyak menuai kecaman warganet di media sosial hingga mendorong beberapa orang merusak atau melakukan penyuntingan artikel terkait profilnya dengan menulis "pelakor" di Wikipedia.

Baca Juga: Arawinda Pemeran Film "Yuni" Dituding Pelakor, Ini Kronologinya

Atas kejadian tersebut, seorang warganet, yakni Nohirara Swadayana, menilai tindakan tersebut bukannya akan merepotkan pemeran film "Yuni" itu, melainkan kontributor Wikipedia lainnya yang harus menyunting ulang atau menulis ulang bagian yang hilang.

"Anda tahu siapa yang direpotkan? Kami sebagai kontributor Wikipedia yang harus membereskan tindakan Anda," tulisnya dalam sebuah utas, Rabu (6/7/2022).

 

Lantas, bagaimana aturan menyunting artikel di laman ensiklopedia itu?

Melansir dari Wikipedia, artikel-artikel di situs web yang kini memiliki lebih dari 600 ribu artikel itu dapat disunting oleh siapa saja. Namun, ketentuan tersebut hanya berlaku untuk artikel yang tidak dilindungi. 



Sumber : Kompas TV, Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x