Kompas TV nasional peristiwa

7 Fakta Penangkapan Bechi Tersangka Dugaan Pencabulan Santriwati di Ponpes Jombang

Kompas.tv - 8 Juli 2022, 05:59 WIB
7-fakta-penangkapan-bechi-tersangka-dugaan-pencabulan-santriwati-di-ponpes-jombang
Momen Kapolres Jombang AKBP Moh Nurhidayat bernegosiasi dengan Pengasuh Pondok Pesantren Shiddiqiyyah, Jombang, Kiai Haji Muhammad Muchtar Mukhti (Sumber: istimewa)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Iman Firdaus

JOMBANG, KOMPAS.TV — Polisi akhirnya berhasil menangkap tersangka dugaan pencabulan santriwati di pondok pesantren (ponpes) di Jombang, Moch Subchi Azal Tsani (MSAT) atau kerap dipanggil Mas Bechi pada Kamis (7/7/2022) malam.

Bechi merupakan anak dari pimpinan Ponpes Shiddiqiyyah, Jombang, Jawa Timur, Kiai Muchtar Mu'thi.

Sebelum akhirnya Bechi (42) menyerahkan diri, polisi melakukan upaya pejemputan paksa terhadap tersangka yang masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) sejak Januari 2022.

Selain itu, penangkapan juga dilakukan sebagai bagian dari prosedur karena tersangka tak memenuhi panggilan hukum hingga kepolisian yang dihalang-halangi simpatisan dan orangtua.

Kini, Bechi telah berada di Mapolda Jatim untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Lebih lengkap soal fakta penangkapan paksa tersangka dugaan pencabulan santriwati di ponpes Jombang, berikut KOMPAS.TV rangkum untuk Anda:

1. Seribu personel polisi diterjunkan

Dari laporan jurnalis KOMPAS TV Muhammad Syafiudin di lokasi, disebutkan ada sekitar 1.000 personel polisi bersenjata lengkap yang diterjunkan untuk pengamanan.

Mereka merupakan satuan Brimob dari Polres Jombang dan Polda Jawa Timur.

"Informasi dari Kapolres Minggu (1/7) lalu itu ada sekitar 800 personel namun pengamatan pandangan mata kami nampaknya lebih. Artinya kondisi pada Minggu malam polisi melakukan negosisasi itu ada sekitar 800 personel dan ini lebih banyak lagi jadi mencapai 1.000-an aparat kepolisian," kata Safiudin di Jombang, Kamis.

2. Polisi jaga ketat akses masuk dan keluar ponpes

Aparat kepolisian tersebut melakukan penyisiran serta penjagaan ketat di area pesantren seluas 5 hektare guna mencari MSAT, termasuk memastikan tersangka agar tidak kabur.

Baca Juga: Bechi Tersangka Dugaan Pencabulan Ponpes Jombang Tiba di Mapolda Jatim

Melakukan penjagaan lingkar pesantren agar tidak ada orang orang yang keluar yang diduga merupakan tersangka.

3. 320 Simpatisan diamankan polisi

Sebanyak 320 simpatisan Ponpes Shiddiqiyyah, Jombang, yang menghalangi penangkapan Moch Subchi Azal Tsani (MSAT) alias Mas Bechi (42), diamankan polisi.

Di antara ratusan simpatisan Mas Bechi yang diamankan, ada yang masih anak-anak dan berasal dari luar Pulau Jawa.

"Kami tadi sudah menyampaikan, di dalam banyak simpatisan. Kami sudah berupaya mengamankan para simpatisan ini ke Polres Jombang. Jumlah simpatisan ini ada sekitar 320 orang," ujar Kabid Humas Polda Jatim Kombes Dirmanto.


4. Orangtua janji antar tersangka ke kantor polisi

Pengasuh Pondok Pesantren Shiddiqiyyah, Jombang, Kiai Haji Muhammad Muchtar Mukhti berpesan pada Kapolda Jatim untuk tak melakukan penangkapan paksa terhadap anaknya,  Bechi, yang menjadi buronan kasus pencabulan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x