Kompas TV nasional update

Ganjar atau Ahok yang Berpeluang Jabat sebagai Menpan RB Gantikan Tjahjo Kumolo? Ini Analisisnya

Kompas.tv - 3 Juli 2022, 10:14 WIB
ganjar-atau-ahok-yang-berpeluang-jabat-sebagai-menpan-rb-gantikan-tjahjo-kumolo-ini-analisisnya
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Komisaris Pertamina Basuki Tjahja Purnama atau Ahok dinilai bisa menjadi Menteri PAN RB menggantikan almarhum Tjahjo Kumolo. (Sumber: Kolase foto Kompas.com dan Tribunnews)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Komisaris Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dinilai berpotensi terpilis sebagai Menteri Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB).

Analisis itu disampaikan oleh pengamat sosial politik Herry Mendrofa yang juga menjabat sebagai Direktur Eksekutif Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA).

Untuk diketahui, saat ini, posisi MenPAN RB dijabat oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

Mahfud MD ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi sebagai Menpan RB ad interim setelah Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat (1/7/2022) lalu.

Baca Juga: Takziah ke Rumah Duka, Tito Karnavian Cerita Pengalaman Bersama Senior Tjahjo Kumolo

Herry berpendapat, sosok yang bakal menggantikan Tjahjo Kumolo sebagai MenPAN RB berasal dari kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

“Tentunya pasti pengganti Menpan RB almarhum Tjahjo Kumolo akan berasal dari kader PDIP ya, itu sudah pasti,” kata Herry Mendrofa.

Setidaknya ada empat kader PDI Perjuangan yang dinilai akan menempati posisi Menpan RB, yakni Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Ia menjelaskan, Ahmad Basarah pernah menjadi Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PDIP dan memiliki banyak pengalaman di bidang legislatif.

Hal itu disebutnya dapat mendukung kapasitas Basarah di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birkrasi (Kemen PAN RB).

Sementara analisis tentang Tri Rismaharini berpotensi digeser dari Mensos menjadi Menpan RB, menurut Herry peluangnya besar.

Sebab, mantan Wali Kota Surabaya itu memulai karirnya dari seorang birokrat yang kemudian pernah menjadi kepala daerah hingga akhirnya menjadi menteri.

“Jadi kapasitasnya pas,” ucapnya.


Sedangkan Ahok dinilai punya track record lebih luas karena sudah melang melintang di lingkup pemerintahan.



Sumber : Kompas TV, Tribunnews.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x