Kompas TV nasional politik

Resmi Dilantik Jokowi Jadi Wamenaker, Ini Profil Sekjen PBB Afriansyah Noor

Kompas.tv - 15 Juni 2022, 14:07 WIB
resmi-dilantik-jokowi-jadi-wamenaker-ini-profil-sekjen-pbb-afriansyah-noor
Afriansyah Noor, Sekretaris Jenderal Partai Bulan Bintang (PBB) yang dilantik Jokowi jadi Wamenaker (Sumber: Twitter)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Afriansyah Noor, Sekretaris Jenderal Partai Bulan Bintang (PBB) telah resmi dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) di Istana Negara, Rabu (15/6/2022).

Afriansyah Noor tercatat sebagai Wamenaker pertama yang dilantik Jokowi. Adapun salah satu tugasnya akan membantu Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah dalam memimpin pelaksanaan tugas di Kementerian Ketenagakerjaan.

Hal tersebut sebagaimana tertuang dalam Perpres Nomor 95 Tahun 2020 tentang Kementerian Ketenagakerjaan. Perpres ini diteken Jokowi pada 23 September 2020.

Aturan terkait adanya jabatan wakil menteri tertulis dalam Pasal 2 ayat (1) dan (2). "Dalam memimpin Kementerian Ketenagakerjaan, Menteri dibantu oleh Wakil Menteri sesuai dengan penunjukan Presiden. Wakil Menteri diangkat dan diberhentikan oleh Presiden pada Pasal 2 ayat (1) dan (2)," tulis pasal tersebut.

Untuk diketahui, kabar terkait pengangkatan Wamenaker telah santer diberitakan sejak Oktober 2020, namun baru hari ini, Rabu (15/6) Jokowi mengumumkannya.

Baca Juga: Fakta & Mitos Menarik Rabu Pahing Wuku Kuningan, Hari Reshuffle Kabinet Jokowi

Lantas, siapakah Afriansyah Noor yang ditunjuk Jokowi sebagai Wamenaker pertama dalam Kabinet Indonesia Maju? Berikut ini profilnya.

Afriansyah Noor ialah seorang politikus asli Jambi yang kini menetap di Jakarta. Pria yang akrab disapa Ferry ini merupakan putra dari Fauzi Noor dan Upik Tando, warga asli Sumatera Barat.

Menilik jejak pendidikannya, Ferry merupakan lulusan dari SMA Negeri 4 Jambi. Lalu, pendidikan tingginya ia lanjutkan di Institute Sains dan Teknologi Nasional (ISTN).

Merantau ke Jakarta sejak kuliah, Ferry juga telah menamatkan pendidikan magisternya di salah satu kampus di Jakarta.

Berdasarkan data yang diperoleh KOMPAS.TV, Ferry tercatat memiliki empat orang anak, bernama Putri Ariska, Akmal Farhansyah Razak, Lutfhia Nurhasanah R, dan Putra Ramzysyah Nur Razak.

Sementara itu, karier politiknya di PBB telah dimulai dengan beberapa kali turut serta dalam pesta demokrasi.

Pada 2014, Ferry mencalonkan diri sebagai calon legislatif (Caleg) DPR RI daerah pemilihan (Dapil) Jambi. Meliputi daerah Kerinci, Merangin, Sarolangun, Batang Hari, Muaro Jambi, Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur, Bungo, Tebo, Kota Jambi, Kota Sungai Penuh.

Lalu, pada tahun 2019 Ferry menjadi calon legislatif (Caleg) DPR RI daerah pemilihan (Dapil) I Sumatera Selatan yang meliputi Palembang, Musi Rawas, Musi Banyuasin, Lubuk Linggau, dan Banyuasin.

Tak hanya berpolitik, ia pun turut aktif menjadi bagian dari Perguruan Pencak Silat Terumbu Banten (PPSTB). Adapun kini, dirinya menjabat sebagai wakil dewan penasihat.

Baca Juga: Profil Raja Juli Antoni, Timses Jokowi dan Politikus PSI yang Diisukan Masuk Kabinet




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x