Kompas TV nasional peristiwa

Fakta & Mitos Menarik Rabu Pahing Wuku Kuningan, Hari Reshuffle Kabinet Jokowi

Kompas.tv - 15 Juni 2022, 08:31 WIB
fakta-mitos-menarik-rabu-pahing-wuku-kuningan-hari-reshuffle-kabinet-jokowi
Pelantikan enam menteri baru hasil reshuffle terakhir di Istana Negara, Rabu (23/12/2020). (Sumber: Tangkapan layar Youtube KompasTV)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPASTV - Reshuffle kabinet oleh Presiden RI Jokowi alias Joko Widodo diisukan akan berlangsung hari ini, Rabu (15/6/2022). Sehari sebelumnya, Ketua DPP Bidang Pemenangan Pemilu (Bapilu) PDIP Bambang Wuryanto telah menyatakan kemungkinan itu..

"Kalau Rabu Pahing ya masuk. Besok Rabu pahing ya masuk, reshuffle bisa. Itu hari baik," ungkap Bambang via Tribunnews, Selasa (14/6).

Adapun isu reshuffle kabinet kian kencang selepas beberapa pejabat dan tokoh diundang ke Istana pada sejak kemarin.

Berdasar pantauan Kompas.com, sejumlah pejabat dan tokoh telah yang datang ke istana di antaranya Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Mantan Panglima TNI Marsekal Purnawirawan Hadi Tjahjanto, dan Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil.

Baca Juga: Kemenag Tegaskan Pesantren Khilafatul Muslimin Tidak Terdaftar di Kementerian Agama

Jejak Reshuffle Kabinet Jokowi

Sejak memimpin Indonesia mulai 2014, Jokowi telah 5 kali melakukan reshuffle kabinet. Sebanyak empat di antaranya berlangsung pada Rabu, sementara yang terakhir berlangsung pada Selasa, 22 Desember 2020.

Mengacu pada penanggalan Jawa, rincian jejak reshuffle kabinet Jokowi pada Rabu yaitu Rabu Pon (12 Agustus 2015 dan 27 Juli 2016) dan Rabu Pahing (17 Januari 2018 dan 15 Agustus 2018).

Mitos Rabu Pahing Wuku Kuningan Hari Ini



Sumber : Kompas TV/Kompas.com/Tribunnews


BERITA LAINNYA



Close Ads x