Kompas TV nasional peristiwa

Keluarga Minta Publik Beri Ruang kepada Ridwan Kamil usai Tiba di RI: Akan Bicara pada Waktunya

Kompas.tv - 3 Juni 2022, 12:16 WIB
keluarga-minta-publik-beri-ruang-kepada-ridwan-kamil-usai-tiba-di-ri-akan-bicara-pada-waktunya
Kakak Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman memberikan keterangan pers di Bandung, terkait kabar terbaru pencarian keponakannya, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril , pada Jumat (3/6/2022). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kembali dari Swiss ke Indonesia, pada Kamis sore (2/6/2022) waktu setempat usai selama sepekan mencari keberadaan sang putra Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril yang hilang di sungai Aare, Bern. 

Perwakilan keluarga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman, memohon maaf dan pengertian kepada publik, untuk dapat memberikan waktu pribadi untuk Ridwan Kamil sesampainya di Tanah Air. 

Diketahui, keluarga telah menyatakan Eril, meninggal dunia karena tenggelam setelah terseret arus Sungai Aare, Bern, Swiss. 

"Beberapa kita memiliki anak, dan bisa membayangkan apa yang dialami oleh Kang Emil (Ridwan Kamil) dan Teh Lia (Atalia)," kata Erwin dalam sesi jumpa pers dari Gedung Pakuan, Bandung, Jumat (3/6).

"Oleh karena itu, kami mohon maaf dan pengertian apabila Kang Emil dan Teh Lia akan membutuhkan waktu terlebih dahulu untuk bersama keluarga besar. Ibunya Teh Lia, ibunya Kang Emil dan keluarga besar semua untuk saling menguatkan," ujarnya.

Erwin menambahkan, Ridwan Kamil akan memberikan pernyataan terkait sang putra ketika sudah siap.

"Insya Allah pada waktunya nanti Kang Emil akan bisa menyampaikan keterangan resmi terkait hal ini," ujarnya. 

Baca Juga: Izin Cuti Habis, Ridwan Kamil Tiba di Bandung Besok dan Kembali Bekerja Senin

Dalam kesempatan itu, kakak Ridwan Kamil ini menyatakan bahwa sang adik dan Atalia sudah ikhlas dengan takdir Eril. 

"Kang Emil (Ridwan Kamil) dan Teh Lia (Atalia) sudah menyampaikan, mereka ikhlas dan menyakini Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril sudah wafat berpulang ke rahmatullah karena tenggelam," kata Erwin. 

Pihak keluarga juga meminta kesediaan masyarakat Jawa Barat untuk ikut Salat Gaib untuk almarhum Eril.

"Insyaallah Eril husnul khotimah dan memenuhi syarat syahid akhirat," ujarnya.

Sementara itu, berdasarkan keterangan KBRI Bern, Ridwan Kamil dan Atalia kembali dari Swiss ke Indonesia pada Kamis sore (2/6) waktu setempat.

Ridwan Kamil kembali ke Tanah Air dan meyudahi pencarian sang putra Eril di Swiss karena harus kembali menjalankan tugas sebagai Gubernur Jawa Barat.

"Pemantauan upaya pencarian, koordinasi dengan KBRI Bern, dan komunikasi dengan otoritas Swiss akan terus dilanjutkan oleh Paman Sdr. Eril, Bapak Elpi Nazmuzaman beserta wakil keluarga yang telah tiba di Bern pada hari Rabu (1/6)," demikian keterangan KBRI Bern dikutip dari laman Kementerian Luar Negeri RI. 

Baca Juga: Pihak Keluarga: Ridwan Kamil dan Istri Sudah Ikhlas Eril Wafat



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x