Kompas TV nasional breaking news

Pihak Keluarga: Ridwan Kamil dan Istri Sudah Ikhlas Eril Wafat

Kompas.tv - 3 Juni 2022, 10:46 WIB
pihak-keluarga-ridwan-kamil-dan-istri-sudah-ikhlas-eril-wafat
Ridwan Kamil dan istrinya Atalia sudah ikhlas dan meyakini Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril meninggal dunia karena tenggelam.  (Sumber: Instagram/@ataliapr)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kakak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman mengungkapkan sang adik dan istrinya Atalia sudah ikhlas dan meyakini Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril meninggal dunia karena tenggelam. 

Eril, anak pertama Ridwan Kamil diketahui hilang saat berenang di Sungai Aare, Bren, Swiss, pada Kamis (26/5/2022) pekan lalu waktu setempat.

"Kang Emil (Ridwan Kamil) dan Teh Lia (Atalia) sudah menyampaikan, mereka ikhlas dan menyakini Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril sudah wafat berpulang ke rahmatullah karena tenggelam," kata Erwin dalam sesi jumpa pers dari Gedung Pakuan, Bandung, Jumat (3/6) yang juga disiarkan pada program Breaking News Kompas TV.

Berkenaan dengan itu, kata dia, semalam pihak keluarga yang berada di Bandung sudah berkonsultasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat dengan menyampaikan situasi dan meminta nasehat untuk langkah selanjutnya sesuai dengan syariat Islam.

"Di mana dalam hal ini, memberikan, menunaikan hak almarhum Eril sebagai muslim dari muslim yang lain, yaitu segera disalatkan manakala wafat," ujarnya. 

"Selepas itu, tadi malam keluarga bersama MUI juga sudah melaksanakan Salat Gaib untuk Eril," imbuhnya. 

Dia pun kemudian meminta kesediaan masyarakat Jawa Barat untuk ikut Salat Gaib untuk almarhum Eril.

Baca Juga: Eril Dinyatakan Syahid Akhirat, Keluarga: Ini Tidak Mengubah Harapan untuk Terus Lakukan Pencarian

"Insyaallah Eril husnul khotimah dan memenuhi syarat syahid akhirat," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Erwin juga meminta maaf jika semasa hidup Eril memiliki kesalahan, kehilafan baik yang disengaja ataupun yang tidak disengaja.

"Dan sekiranya ada hak atau kewajiban dari almarhum, mohon kami sebagai pihak keluarga dapat diinformasikan," ucap dia. 

Sebelumnya, MUI Jawa Barat juga telah menyerukan umat Muslim untuk melaksanakan salat Gaib mendoakan Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril.

Adapun MUI menyerukan masyarakat khususnya umat Muslim agar melaksanakan Salat Gaib pada hari ini, Jumat.

Menurut Ketua MUI Jabar Rahmat Syafei, Salat Gaib tersebut dilakukan sebelum Salat Jumat, atau bisa juga dilakukan setelah Salat Jumat.

"Kepada seluruh pimpinan (MUI) kabupaten dan kota dimohon untuk meneruskan seruan ini kepada jajaran MUI di bawahnya dan kepada seluruh umat Muslim yang ada di wilayahnya," kata Rahmat.

Baca Juga: Pencarian Eril Terus Berlanjut, Petugas Kerahkan Anjing Pelacak Susuri Sungai Aare



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x