Kompas TV nasional politik

Usai Bertemu 4 Jam, Prabowo dan Surya Paloh Sepakati Adakan Pertemuan Lanjutan

Kompas.tv - 1 Juni 2022, 20:00 WIB
usai-bertemu-4-jam-prabowo-dan-surya-paloh-sepakati-adakan-pertemuan-lanjutan
Wasekjen Partai Nasdem menyebut Prabowo dan Surya Paloh sepakat untuk melakukan pertemuan-pertemuan lanjutan setelah pertemuan keduanya hari ini, Rabu (1/6/2022). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, sepakat untuk melakukan pertemuan-pertemuan lanjutan setelah pertemuan keduanya hari ini, Rabu (1/6/2022).

Hermawi Taslim, Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai NasDem, menjelaskan hal itu dalam program Kompas Petang di Kompas TV.

Hermawi mengatakan, kedua ketua umum partai tersebut bertemu cukup lama, yakni sejak sekitar pukul 12.00 WIB hingga sekitar pukul setengah lima sore.

“Pertemuan itu sebetulnya lanjutan dari pertemuan mereka minggu lalu di Solo ketika menghadiri pernikahan adik Presiden dengan Ketua MK,” jelasnya, Rabu.

Pertemuan tersebut, kata Hermawi, cukup komplit dan dihadiri oleh sejumlah petinggi dari kedua partai.

Baca Juga: Ditanya Soal Kriteria Calon Presiden, Prabowo: Harus yang Seutuhnya Setia pada Pancasila

“Pertemuan kedua tokoh tadi menyepakati akan ada pertemuan-pertemuan berikutnya. Jadi 2024 ini kita akan buat situasi sedemikian cair. Kita akan tekan sedemikian rupa polarisasi,” ucapnya.

“Berpemilu itu dengan riang gembira. Ini persitiwa nasional yang harus disambut dengan situasai yang menyenangkan, bukan mencekam.”

Hermawi juga menyebut bahwa pertemuan itu merupakan perjumpaan dua sahabat lama yang sudah lama tidak bertemu.

Pertemuan kedua tokoh nasional itu juga menyinggung mengenai agenda nasional, termasuk Pilpres 2024.

“Mau tidak mau pasti menyinggung tentang agenda nasional, termasuk Pilpres 2024. Tadi masih bicara tentang situasi saat ini. Parameter-parameter yang diperlukan.”

“Pak Surya berulang-ulang mengatakan, 2024 harus jadi momentum untuk meneguhkan kembali politik kebangsaan. Kita meminggirkan secara perlahan namun pasti politik aliran, politik identitas, dan seterusnya,” lanjut Hermawi.

Artinya, lanjut dia, kita semakin mendewasakan masyarakat, memilih orang tidak ditanya tentang agamanya apa, sukunya apa.

“Memilih orang tentang apa yang kamu bisa perbuat untuk bangsa dan negara.”

3 sampai 5 capres usulan NasDem

Dia juga menyebut, pengurus Partai Nasdem dari masing-masing provinsi di Indonesia akan mengirimkan tiga hingga lima nama untuk diusulkan pada Surya Paloh.

Baca Juga: Gelar Pertemuan Tertutup 4 Jam, Apakah Prabowo-Surya Paloh Sepakat Berkoalisi di Pilpres 2024?

“Secara internal pada tanggal 15 sampai 17 Juni setiap provinsi kita akan memunculkan tiga sampai lima nama. Kemudian dikristalkan oleh kita dari steering committee, dan mengerucut menjadi tiga nama.”

Ketiga nama yang telah dipilih oleh steering committee tersebut nantinya akan diajukan pada Surya Paloh, baik sebagai ketua umum maupun mandataris kongres, untuk melakukan upaya penjajakan dan kerja sama.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x